Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua Majelis Syura PKS: Dibutuhkan Kolaborasi Guna Bangkitkan Kejayaan Negeri Maritim

Acara yang diikuti ribuan nelayan dan masyarakat pesisir Jawa Timur ini digelar secara mirah dengan melihatkan masyakat pesisi laut.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Ketua Majelis Syura PKS: Dibutuhkan Kolaborasi Guna Bangkitkan Kejayaan Negeri Maritim
ist
Ketua Majelis Syura PKS Habib Dr. Salim Segaf Aljufri bersama Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini saat acara Festival Laut Nusantara di Surabaya. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Majelis Syura PKS Habib Dr. Salim Segaf Aljufri meresmikan acara Festival Laut Nusantara di Pantai Ria Kenjeran, Surabaya.

Acara yang diikuti ribuan nelayan dan masyarakat pesisir Jawa Timur ini digelar secara mirah dengan melihatkan masyakat pesisi laut.

Menurut Dr. Salim, acara itu selain untuk memperingati Hari Laut Sedunia (World Ocean Day) tanggal 8 Juni 2022 adalah bukti kongkrit dukungan PKS untuk mengembalikan kerjayaan Indonesia sebagai negeri maritim.

Sekaligus, keberpihakan PKS pada kesejahteraan nelayan di Indonesia. 

Acara seperti ini dihelat oleh PKS sepanjang tahun bukan hanya di tingkat nasional tapi juga di daerah-daerah untuk mempromosikan kelestarian laut dan produk-produk nelayan dari hasil laut tanah air. 

"Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki 17.508 pulau dan panjang garis pantai lebih dari 108 ribu kilometer, terpanjang kedua di dunia setelah Kanada. Dengan luasnya wilayah laut yang ada, sudah selayaknya kita ingin mengembalikan kejayaan laut nusantara bagi anak-cucu kita kedepan," kata Dr. Salim dalam keterangan kepada wartawan, Senin (27/6/2022).

BERITA REKOMENDASI

Untuk itu, lanjut mantan Menteri Sosial, bangsa ini membutuhkan kerjasama dan kolaborasi untuk memberdayakan nelayan dan masyarakat pesisir. 

Kolaborasi dari para pemangku kepentingan, pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota serta seluruh elemen bangsa termasuk partai politik. Dan, untuk itulah PKS hadir di Provinsi Jawa Timur khususnya di Kota Surabaya.

"Saya instruksikan kepada seluruh kader PKS Jawa Timur dan seluruh Indonesia, baik yang menjadi anggota DPR dan DPRD, Kepala Daerah, pengusaha maupun nelayan, untuk berpartisipasi aktif dalam membangun potensi kelautan dan perikanan nusantara dimana saja berada khususnya di Jawa Timur," kata Dr. Salim.

Baca juga: Peringati Hari Laut Sedunia, PKS Ingin Kembalikan Indonesia Jadi Negara Maritim

"Festival Nelayan Nusantara ini kita jadikan sebagai momentum bersama untuk berikhtiar secara sungguh-sungguh untuk mengembalikan kejayaan laut nusantara," jelasnya.

Dr. Salim pun mengapresiasi pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kota Surabaya yang telah melakukan berbagai upaya untuk melindungi laut, memajukan nelayan dan masyarakat pesisir. 

Kedatangan Wakil Gubernur Jawa Timur dan Wali Kota Surabaya dalam festival laut ini membawa pesan kolaboratif untuk bersama-sama mensejahterakan nelayan dan masyarakat pesisir.

"Provinsi Jawa Timur ini istimewa karena memiliki kawasan laut hampir empat kali luas daratannya. Dari 38 kabupaten/kota, 22 kabupaten/kota merupakan wilayah pesisir dengan panjang pantai 2.916 km, luas perairan 54.718 km2 dan memiliki 430 pulau. Dengan potensi kelauatan dan perikanan yang dimilikinya, menjadikan Jawa Timur menjadi provinsi terbesar yang memiliki nilai PDRB dari sektor perikanannya yang masih bisa terus ditingkatkan," papar Dr. Salim.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas