Tribun

Bursa Capres

Kopisusi Deklarasi Dukung Susi Pudjiastuti Jadi Capres 2024, PPP: Sah-sah Saja

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek mengatakan sah-sah saja dideklarasikannya Susi Pudjiastuti maju jadi calon presiden pada Pilpres 2024.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Kopisusi Deklarasi Dukung Susi Pudjiastuti Jadi Capres 2024, PPP: Sah-sah Saja
Taufik Ismail
Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek mengatakan sah-sah saja dideklarasikannya Susi Pudjiastuti maju jadi calon presiden pada Pilpres 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek mengatakan sah-sah saja dideklarasikannya mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti maju Pilpres 2024.

"Ya orang mendeklarasikan diri sebagai capres ataupun dideklarasikan sebagai capres itu sah-sah saja ya dalam iklim demokrasi kita," kata Awiek saat dihubungi Tribunnews.com, Senin (4/7/2022).

Kendati demikian, Awiek mengatakan, dalam konstitusi RI diatur soal persyaratan calon presiden, yakni diusung partai politik dengan memiliki 20 persen kursi di DPR atau 25 persen suara Pemilu.

"Cuma konstitusi mengatur bahwa pasangan calon presiden itu diusung oleh partai politik sekurang-kurangnya memiliki 20 persen kursi di DPR atau 25 persen suara Pemilu sebelumnya," ujarnya.

Karena itu, Awiek mengingatkan Susi Pudjiastuti agar memenuhi syarat tersebut sebelum maju sebagai Capres 2024.

Baca juga: Apresiasi Deklarasi Susi Pudjiastuti Jadi Capres 2024, PAN: Perlu Kerja Keras Lagi

"Jadi pastikan dulu itu ada sehingga bisa berangkat sebagai calon. Siapapun dia," ungkapnya.

Sebelumnya, Komunitas Pendukung Susi Pudjiastuti (Kopisusi) Jakarta mendeklarasikan dukungannya agar mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti maju sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

Deklarasi tersebut digelar di Griya Ardhya Garini Halim Perdanakusuma Jakarta pada Minggu (3/7/2022).

Salah satu poin deklarasi yang dibacakan dalam kegiatan tersebut adalah "Kami atas nama Komunitas Pendukung Ibu Susi atau Kopisusi dengan ini mendeklarasikan komunitas Kopisusi ini sebagai langkah konkret kami dalam mengenalkan sosok Ibu Susi sebagai salah satu alternatif calon pemimpin masa depan."

Baca juga: Susi Pudjiastuti Didorong Maju Pilpres 2024, PAN: Ayo Bu Susi, Jangan Hanya Cek Ombak

Ketua Panitia deklarasi sejaligus relawan Kopisusi, Virawati mengatakan relawan Kopisusi berawal dari akun media sosial Twitter @PartaiSocmed yang mencetuskan untuk mengumpulkan masyarakat yang sudah jenuh dengan kondisi polarisasi, intoleransi, dan oligarki di Indonesia.

"Intinya kita melihat Ibu Susi sebagai sosok yang memang ideal untuk kita. Karena beliau tegas. Selain itu juga moral movement yang dibagikan kepada kita di antaranya polarisasi dan oligarki. Kita berniat memajukan Ibu Susi sebagai Calon Presiden pada 2024 meskipun Ibu Susi bilang agak sulit karena kebijakan politik kita," kata Virawati usai deklarasi pada Minggu (3/7/2022).

Ia mengatankan relawan Kopisusi yang berada di dalam grup media sosial Telegram saat ini mencapai 2.200 akun dari seluruh daerah di Indonesia.

Sedangkan peserta yang hadir lanngsung dalam kegiatan tersebut tercatat sekitar 128 orang yang di antaranya berasal dari Jakarta, Bandung, Lampung, Makassar, dan Kepulauan Sangihe.

Baca juga: Susi Pudjiastuti Mengaku Belum Ada Tawaran Politik Terkait Pilpres 2024 Dari Ketua Umum Partai

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas