Tribun

Reshuffle Kabinet

Tito Karnavian Dijagokan Bakal Jadi Menpan RB, Jabatan Mendagri akan Diisi Kader PDIP

Tito Karnavian disebut-sebut bakal menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan/RB).

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Tito Karnavian Dijagokan Bakal Jadi Menpan RB, Jabatan Mendagri akan Diisi Kader PDIP
Danang Triatmojo
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (16/6/2022). Pengamat politik dari lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio menyebut Tito Karnavian bakal menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan/RB). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik dari lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio menyebut Tito Karnavian bakal menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan/RB).

Hendri mengatakan, untuk kursi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pun kemungkinan bakal diisi kader PDIP.

"Pak Tito yang akan digeser ke Menpan RB, nanti Kader PDIP yang baru masuk itu mengisi kursi Mendagri," kata Hendri saat dihubungi Tribunnews.com, Selasa (5/7/2022).

Hendri menuturkan, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu memiliki stok kader yang cukup banyak.

Adapun beberapa nama itu, misalnya Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, kemudian Gubernur Bali Wayan Koster yang dinilai berpengalaman.

"Ada Olly misalnya, ada Wayan Koster yang berpengalaman jadi kepala daerah juga gitu," ujarnya.

"Mungkin beberapa nama lain yah dari internal PDIP yang digunakan, tapi kan opsinya itu selalu ada dua. Ambil dari luar gitu yah, atau menteri yang sudah ada digeser," sambungnya.

Kendati demikian, Hendri menilai terlalu dini untuk membicarakan posisi Menpan RB seusai Thajo Kumolo meninggal beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tanggapan Ganjar Pranowo Namanya Disebut-sebut Calon Menpan RB Gantikan Almarhum Tjahjo Kumolo

"Menurut saya, masih terlalu pagi, terlalu cepat berbicara terkait pengganti yah. Menurut saya (masih) dalam suasana duka," ungkap Hendri.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menunjuk Tito sebagai Menpan RB ad interim.

Penunjukkan tersebut sebagaimana disampaikan dalam siaran pers KemenPAN-RB Nomor 258/HUMAS-PANRB/2022 tertanggal 5 Juli 2022.

"Penunjukan ini dilakukan setelah Menteri PANRB Tjahjo Kumolo tutup usia pada Jumat, 1 Juli 2022," tulis keterangan Humas PAN-RB yang diterima Tribunnews.com, dikutip Selasa (5/7/2022).

Di mana berdasarkan surat B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Mendagri Tito Karnavian akan menjabat sebagai Menteri PANRB ad interim pada 4-15 Juli 2022.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas