Tribun

Bursa Capres

Kebetulan Atau Bukan, Pengamat: Sapi Kurban Anies Bernomor 024 Bisa Jadi Dukungan Alam untuk 2024

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan secara simbolis hewan kurban berupa satu ekor sapi bernomor 024 pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Kebetulan Atau Bukan, Pengamat: Sapi Kurban Anies Bernomor 024 Bisa Jadi Dukungan Alam untuk 2024
Kompas.com/ Nursita sari Tribunnews.com/ Fersianus Waku
Sapi bernomor 024 yang diserahkan Anies Baswedan saat Idul Adha 2019 (kiri) dan Sapi bernomor 024 yang diserahkan Anies Baswedan pada Idul Adha 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan secara simbolis hewan kurban berupa satu ekor sapi bernomor 024 pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Pengamat politik dari lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio menilai, sapi bernomor 024 tersebut bisa jadi merupakan tanda-tanda dukungan alam untuk membawa perubahan pada 2024.

"Kalau cuma nomor urutan sih menurut saya ya kebetulan, walaupun gelombang perubahan itu ya kadang memang suka dikasih tanda-tanda oleh alam dan dukungan alam itu biasanya bisa mempermudah gelombang perubahan yang terjadi," kata Hendri kepada Tribunnews.com, Senin (11/7/2022).

"Nah kalau nomor 024 ini dipandang sebagai tanda-tanda alam ya bisa saja ini adalah dukungan alam terhadap gerakan gelombang gerakan perubahan tadi yang aku katakan. Kan 2024 ganti yah," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti Salat Iduladha 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (10/7/2022).

Seusai Salat Iduladha, Anies pun menyerahkan hewan kurban sapi secara simbolis kepada panitia kurban bernomor '024' di JIS.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pun mengomentari terkait sapi bernomor '024' tersebut.

"Ah enggak pake nomor-nomor," kata Riza kepada wartawan seusai Salat Iduladha di JIS.

Disebut nomor keberuntungan

Pengamat politik Herry Mendrofa menilai fenomena nomor urut 024 sapi kurban Anies Baswedan punya beberapa arti.

Satu sisi, bisa dikaitkan dengan peristiwa politik, dan bisa juga disebut sebagai sesuatu yang lumrah.

“Dalam konteks politik, pasti simbol-simbol seperti itu ibaratnya benchmarknya seorang figur kan. Tapi di sisi lain kita harus melihat ini juga sebagai sesuatu yang lazim,” kata Herry Mendrofa saat dihubungi Tribunnews.com, Senin (11/7/2022).

“Benchmark ini kan seperti hal-hal yang sifatnya nilai jual dari orang itu. Jadi saya kira bisa dipersepsikan seperti itu bisa,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Makna Nomor 024, Bobot, Serta Warna Sapi Kurban Anies Baswedan Menurut Pengamat Politik

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas