Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prakiraan Cuaca BMKG Kamis, 14 Juli 2022: 24 Wilayah Berpotensi Dilanda Hujan Lebat Disertai Angin

BMKG merilis prakiraan cuaca ekstrem di Indonesia untuk Kamis (14/7/2022). Ini daftar wilayah yang diperkirakan akan dilanda hujan lebat hingga angin.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Prakiraan Cuaca BMKG Kamis, 14 Juli 2022: 24 Wilayah Berpotensi Dilanda Hujan Lebat Disertai Angin
Deposit Photos/emaria
Ilustrasi hujan lebat disertai angin - BMKG memperkirakan cuaca ekstrem melanda sejumlah wilayah pada Kamis (14/7/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini prakiraan cuaca oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca ekstrem di Indonesia pada Kamis (14/7/2022).

BMKG memperkirakan sejumlah wilayah akan diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir.

Mengutip laman web.meteo.bmkg.go.id, Rabu (13/7/2022), daerah Tekanan Rendah terpantau di Samudra Hindia barat Sumatera yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Samudra Hindia barat Sumatera.

Daerah Tekanan Rendah ini juga menginduksi terbentuknya Low Level Jet (angin
pada lapisan permukaan dengan kecepatan >25 knot) yang memanjang dari Samudra Hindia barat daya Banten hingga barat Samudra Hindia barat Sumatera.

Sementara itu, Sirkulasi siklonik terpantau di Selat Karimata dan Samudra Pasifik utara Papua Barat.

Adanya Sirkulasi Siklonik tersebut membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Laut Jawa hingga Bangka Belitung, dan di Samudra Pasifik utara Papua Barat.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Kamis, 14 Juli 2022: Banten dan Jawa Barat Berpotensi Terjadi Hujan Lebat

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Sumatera Utara hingga Riau, di Lampung, dari Laut Jawa hingga Sumatra Selatan, dari Jawa Barat hingga Banten, dart Jawa Timur hingga Jawa tengah.

BERITA REKOMENDASI

Serta di Kalimantan bagian selatan, Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi bagian tengah, di Sulawesi bagian utara, Maluku, Maluku Utara dan dari Papua hingga Papua Barat.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan peningkatan tinggi gelombang di sekitar bibit siklon tropis, daerah tekanan rendah, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/ konfluensi/ low level jet tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem pada Kamis (14/7/2022):

Daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Barat

- Riau

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas