Tribun

Cerita Letda Akhmad Athiq Taklukkan Tes Akmil Meski Pernah Gagal hingga Akhirnya Jadi Perwira Remaja

Perjalanan Akhmad masuk ke Angkatan Darat bukan tanpa halangan. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini pernah gagal tes saat pertama kali mencoba masuk

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Cerita Letda Akhmad Athiq Taklukkan Tes Akmil Meski Pernah Gagal hingga Akhirnya Jadi Perwira Remaja
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Letda Akhmad Athiq. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah 754 calon perwira remaja (capaja) Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Satu dari ratusan perwira remaja itu adalah Letnan Dua (Letda) Akhmad Athiq.

Letda Akhmad Athiq resmi menjadi perwira setelah menyelesaikan pendidikan di Akademi Militer (Akmil).

Perjalanan Akhmad masuk ke Angkatan Darat bukan tanpa halangan. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini pernah gagal tes saat pertama kali mencoba masuk Akmil.

“Saya merupakan lulusan SMA di tahun 2017. Waktu itu saya mendaftar pertama kali dan alhamdulillahnya gagal, artinya belum kesempatan,” kata Letda Akhmad Athiq kepada wartawan di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).

Meski sempat gagal, pria kelahiran 1998 ini mengaku tidak patah aral. Akhmad justru memperluas pertemanannya dengan sejumlah calon prajurit lain yang hendak mengikuti tes masuk TNI itu.

“Saya tidak menganggap itu hal malu buat saya,” katanya.

Dengan semangat yang dimiliki, pria asal Salatiga, Jawa Tengah ini tetap semangat menimba ilmu dari mana saja. Dari pembelajarannya, Akhmad menarik sebuah kesimpulan.

“Menjadi tentara itu, semua yang diteskan atau diujikan itu merupkan suatu yang bisa kita pelajari,” ujar Akhmad. “Dan Insya Allah kalo kita memiliki niat, ya tinggal kita laksanakan. Jangan pernah merendah hati atau merasa kurang.”

Pria yang pernah mengenyam pendidikan tinggi di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga ini menjelaskan latar belakang kegigihannya menjadi tentara.

Baca juga: Profil Kolonel Laut Arya Delano, Didatangi Jokowi saat Pimpin Pelantikan Perwira TNI & Polri 2022

Itu berawal saat dirinya melihat foto yang menampilkan kakak sepupu akhmad yang menjadi satuan Komando Pasukan Khusus, atau dikenal dengan Kopassus. Kopassus merupakan bagian dari Komando Utama yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat.

“Pasukan Khusus (kopasus) dan itu ada fotonya gitu, saya hatinya terketuk, kemudian pingin jadi tentara,” ucap Akhmad.

Anak dari orangtua petani bernama Mahmud dan Siti Muwanah ini pun mengatakan dirinya akan mengabdi dan berbakti untuk negara, setelah resmi dilantik menjadi Perwira Remaja.

Itu sebagaimana pesan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Dudung Abdurrachman saat menyampaikan pidato pada upacara penerimaan dan pengarahan di Markas Besar Angkatan Darat, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah 754 calon perwira remaja (capaja) Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Kamis (14/7/2022).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah 754 calon perwira remaja (capaja) Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Kamis (14/7/2022). (Istimewa)
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas