Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Belum Selesai Periksa Roy Suryo Karena Sakit, Pemeriksaan akan Dilanjutkan Jika Sudah Sembuh

Polda Metro Jaya belum menjadwalkan kembali pemeriksaan terhadap tersangka kasus penistaan agama Roy Suryo karena pemeriksaan sebelumnya dia sakit.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Polisi Belum Selesai Periksa Roy Suryo Karena Sakit, Pemeriksaan akan Dilanjutkan Jika Sudah Sembuh
Tribunnews.com/ Fandi Permana
Roy Suryo dipapah dua kuasa hukumnya usai diperiksa Selama 12 Jam dalam kasus unggahan meme stupa Candi Borobudur di Polda Metro Jaya, Jumat (22/7/2022) malam. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya belum menjadwalkan kembali pemeriksaan terhadap tersangka kasus penistaan agama, Roy Suryo.

Hal ini dikarenakan kondisi kesehatan Roy Suryo masih drop pascapemeriksaan pada Jumat (22/7/2022) lalu.

Seperti diketahui, eks politisi Demokrat itu diperiksa sebagai tersangka soal kasus meme stupa mirip Presiden Jokowi hingga 12 jam.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, mengatakan Roy Suryo tidak dilakukan penahanan karena sakit.

Baca juga: Roy Suryo Muntah dan Pingsan Diperiksa Polisi, Tiga Hari Tak Tidur

Zulpan juga menyebut bahwa pemeriksaan hari itu belum sepenuhnya rampung.

"Ya karena sakit, jadi yang bersangkutan meminta untuk beristirahat dulu. Masih akan kita lanjutkan untuk pemeriksaan dalam status tersangka karena kemarin yang bersangkutan minta untuk berhenti pemeriksaan karena merasa kurang sehat," ujar Zulpan saat dihubungi, Senin (25/7/2022).

BERITA TERKAIT

Namun Zulpan belum dapat memastikan perihal waktu pemeriksaan lanjutan bagi Roy.

Hal itu sangat bergantung pada kondisi Roy Suryo apabila membaik maka jadwal pemeriksaan lanjutan akan disiapkan.

"Untuk pemeriksaan sebagai tersangka belum selesai jadi nanti akan kita lanjutkan lagi. Kita menunggu perkembangan kesehatannya," imbuhnya.

Seperti diketahui, salah satu kuasa hukum Roy, Elza Syarief Nasution mengatakan  istri Roy menceritakan kondisi mantan Menpora itu mengalami kesulitan tidur selama beberapa hari sebelum menjalani pemeriksaan sebagai tersangka.

"Saya denger dari istrinya dia itu tiga hari mungkin mikir dia jadi tersangka ya, saya nggak tahu pikirannya apa ya. Pokoknya tiga hari nggak bisa tidur. Terus saya hibur-hibur dia ajak makan segala macam, tapi kayanya kurang nafsu," jelas Elza.

Roy Suryo menjadi tersangka kasus dugaan penistaan atas laporan polisi yang dibuat Kurniawan Santoso dan Kevin Wu pada 20 dan 22 Juni 2022 lalu.

Dari hasil penyelidikan terhadap kedua laporan tersebut, polisi telah meningkatkan status perkara ke tahap penyidikan. Dinaikkannya tahapan kasus itu karena postingan Roy Suryo memenuhi unsur pidana.

Polda Metro Jaya juga mengkonfirmasi perihal kondisi Roy sehingga tidak jadi ditahan karena sakit.

"Ya sakit. Tidak ditahan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan melalui pesan singkat, Jumat (22/7/2022).

Atas alasan itu, penyidik tidak menahan Roy Suryo meski berstatus sebagai tersangka.

Pasal yang disangkakan kepada Roy Suryo mulai dari Pasal 28 Ayat (2) juncto Pasal 45 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.

Roy juga dijerat dengan Pasal 156 a KUHP soal penodaan agama dan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana tentang ujaran kebencian.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas