Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Jokowi Diharapkan Hadiri Langsung Pelantikan Penjabat dan Peresmian Tiga DOB di Papua

Wamendagri berharap peresmian tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua dan pelantikan Penjabat (Pj) kepala daerah dapat dihadiri secara langsung Jokowi.

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Presiden Jokowi Diharapkan Hadiri Langsung Pelantikan Penjabat dan Peresmian Tiga DOB di Papua
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Watipo saat memberi keterangan seusai menghadiri acara Rakornas dan Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional BNPT di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (2/8/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Watipo berharap peresmian tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua dan pelantikan Penjabat (Pj) kepala daerah dapat dihadiri secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Itu disampaikan Wempi selepas menghadiri acara Rakornas dan Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional BNPT di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (2/8/2022).

“Sementara kita lagi rumuskan, selanjutnya kita laporkan ke Pak Mendagri. Kemudian kita meminta sebenarnya dari tim kita itu bagaimana Pak Presiden itu hadir,” kata John Wempi Watipo.

“Harapan kami begitu,” lanjutnya.

Adapun saat ini, sambung dia, pihaknya terlebih dahulu berupaya untuk melaporkan progres perkembangan tiga DOB ini ke Menteri Dalam Negeri.

Selanjutnya, Mendagri nantinya akan melaporkan langsung terkait persiapan yang sudah dilakukan tim Kemendagri.

BERITA TERKAIT

Menurut Wempi, kehadiran langsung Presiden Jokowi di peresmian dan pelantikan itu akan membuat masyarakat Papua senang dan merasakan langsung manfaat dari DOB ini.

“Sehingga gaungnya lebih baik bahwa DOB yang hadir ini sesuai untuk kesejahteraan rakyat Papua sesuai dengan revisi Otonomi Khusus yang dilaksanakan (UU) Nomor 2 Tahun 2021 kemarin,” kata Wempi.

“Bahwa kehadiran DOB ini untuk mengangkat derajat dan martabat orang Papua,” lanjutnya.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri berencana melantik Penjabat (Pj) kepala daerah terkait tiga daerah otonomi baru (DOB) Papua berbarengan dengan peresmian tiga provinsi baru tersebut.

Seperti diketahui, dengan adanya DOB tersebut maka Papua akan terbagi dalam beberapa provinsi seperti Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Baca juga: Pesan Menohok Wamendagri John Wempi Wetipo: Tidak Boleh Orang Papua Miskin di Tanahnya Sendiri

Menurut hasil kesepakatan, ibu kota Papua Selatan berada di Merauke. Lalu, ibu kota Papua Tengah ada di Nabire, dan ibu kota Papua Pegunungan di Jayawijaya.

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Watipo mengatakan pihaknya ingin pelantikan Pj dan peresmian ibu kota provinsi baru itu dilakukan bersamaan secar terpusat di salah satu wilayah.

“Katakanlah di Merauke, Merauke jadi tempat untuk dipusatkan peresmian 3 DOB yang baru sekaligus pelantikan Pj dipusatkan di sana. Harapan kami begitu,” kata John Wempi Watipo selepas menghadiri acara Rakornas dan Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional BNPT di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (2/8/2022).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas