Tribun

Pilpres 2024

Daftar ke KPU Akhir Pekan Ini, Partai Gelora Indonesia Siap dengan Isian SIPOL Lengkap

Partai Gelora makin mantap berpartisipasi dalam Pemilu 2024, siap mendaftar ke KPU dengan unggahan data di SIPOL dan dokumen yang lengkap.

Penulis: Reza Deni
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Daftar ke KPU Akhir Pekan Ini, Partai Gelora Indonesia Siap dengan Isian SIPOL Lengkap
ISTIMEWA
Sekjen Partai Gelora Indonesia Mahfuz Sidik, dia mengatakan Partainya siap mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan unggahan data di Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) dan dokumen yang lengkap pada 7 Agustus 2022. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Gelombang Rakyat Indonesia siap mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan unggahan data di Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) dan dokumen yang lengkap.

"Alhamdulillah, berkat kerja keras teman-teman di seluruh Indonesia, kami akan mendaftar dengan unggahan data dan dokumen yang lengkap. Kami mengapresiasi inovasi teknologi KPU melalui Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) yang telah membuat proses pendaftaran berjalan lebih efisien. Ini membuat kami makin mantap untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024," kata Sekjen Partai Gelora Mahfuz Sidik dalam keterangannya, Rabu (3/8/2022).

Mengenai tanggal pendaftaran, Mahfuz Sidik menyatakan pihaknya telah bersurat secara resmi kepada KPU.

"Kami sudah menyampaikan kepada KPU bahwa kami akan hadir pada hari Minggu 7 Agustus yang akan datang. Kami memilih hari Minggu agar suasana lebih santai dan tidak terburu-buru karena macet. Politik juga perlu suasana gembira," ujar Mahfuz Sidik.

Untuk keperluan pendaftaran, Partai Gelora mengajukan jumlah kepengurusan sesuai syarat minimal yang diatur dalam UU No. 2/2008 tentang Partai Politik.

Setelah pendaftaran ini, kata Mahfuz Sidik, partainya akan menyiapkan diri untuk mengikuti proses verifikasi faktual dan melanjutkan input SIPOL KPU berkelanjutan.

Mahfuz Sidik menjelaskan Partai Gelora yang berdiri pada 28 Oktober 2019 kini telah memiliki kepengurusan di 34 provinsi, 514 kabupaten/kota, 6.463 kecamatan (93 persen), dan di 10.951 desa/kelurahan (13%). Jumlah anggota yang sempat diumumkan di laman media sosial sebanyak 700.000 anggota. 

"Di satu sisi, pendaftaran ini merupakan peristiwa administrasi biasa. Namun, kami juga ingin hari pendaftaran ini menjadi tanda mantapnya tekad kami untuk mengikuti Pemilu 2024. Karena itu kami berharap suasana pendaftaran di KPU juga dirasakan oleh seluruh anggota Gelora di seluruh Indonesia," tambah Mahfuz Sidik. 

Baca juga: Batal ke KPU di Hari Pertama, Partai Gelora Daftar Jadi Peserta Pemilu Pada 7 Agustus 2022

Mahfuz Sidik yakin partainya akan ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2024 pada 14 Desember mendatang, usai KPU menyelesaikan proses verifikasi administrasi dan faktual seluruh partai politik.

"Langkah kecil kami ke KPU adalah awal langkah besar menuju Arah Baru Indonesia. Sudah saatnya Indonesia menjadi kekuatan utama dunia," tandas Mahfuz Sidik.

Wiki Terkait

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas