Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengakuan Baru Ferdy Sambo: Aktor di Balik Obstruction of Justice Kasus Brigadir J

Saat dikonfirmasi Komnas HAM, Irjen Ferdy Sambo membenarkan memang ia lah yang bertanggung jawab atas obstruction of justice dalam kasus Brigadir J.

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Pengakuan Baru Ferdy Sambo: Aktor di Balik Obstruction of Justice Kasus Brigadir J
TRIBUNNEWS.com Irwan Rismawan/ISTIMEWA
Irjen Ferdy Sambo saat mendatangi Bareskrim Polri, Kamis (4/8/2022) (kiri) dan Brigadir J (kanan). Saat dikonfirmasi Komnas HAM, Irjen Ferdy Sambo membenarkan memang ia lah yang bertanggung jawab atas obstruction of justice dalam kasus Brigadir J. 

TRIBUNNEWS.COM - Komisi Nasional Hak Asasi dan Manusia (Komnas HAM) telah memeriksa mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo, di Mako Brimob pada Jumat (12/8/2022).

Dalam kesempatan itu, Komnas HAM mengonfirmasi beberapa temuan mereka pada Irjen Ferdy Sambo.

Kepada Komnas HAM, Irjen Ferdy Sambo mengaku ia adalah aktor utama di balik rekayasa dan upaya menghambat penyelidikan kasus atau obstruction of justice.

Obstruction of justice itu termasuk narasi tembak menembak antara Brigadir J dan Bharada E yang dimunculkan pada awal kasus mencuat ke publik.

Serta, laporan dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir J pada Putri Candrawathi.

"Hal yang juga kami konfirmasi soal obstruction of justice. Dia mengakui memang dialah yang menyusun cerita, dialah yang mencoba untuk membuat TKP sedemikian rupa."

Baca juga: Brigjen Andi Rian Sebut Laporan Pelecehan Istri Ferdy Sambo Upaya Penghalangan Penyidikan

"Sehingga semua orang juga susah untuk membuat terang peristiwanya. Karena memang ada kerusakan di TKP," ungkap Komisioner Komanas HAM, Choirul Anam, dalam konferensi pers, Kamis.

BERITA REKOMENDASI

"Pak Sambo mengakui memang dia orang yang bertanggung jawab untuk membuat cerita itu semua (soal obstruction of justice)," imbuhnya.

Selain itu, Irjen Ferdy Sambo juga mengungkapkan Brigadir J masih hidup ketika ia tiba di rumah dinasnya di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Ketika dia sampai TKP Duren Tiga, rumah dinas nomor 46, apakah Joshua dalam kondisi hidup ataukah sudah meninggal. Dia bilang masih hidup," kata Anam.

Terkait peristiwa yang terjadi di Magelang, Irjen Ferdy Sambo membenarkan memang ada sebuah insiden.

Anam pun mengatakan, Komnas HAM telah merekomendasikan kepada penyidik tim khusus soal peristiwa tersebut.

"Berikutnya adalah soal apa yang terjadi Magelang, beberapa waktu yang lalu kami dalami soal ini, khususnya terkait percakapan Joshua sama Vera (kekasih Brigadir J) yang ada ancaman."

"Tadi juga terkonfirmasi, terkait peristiwa apa yang terjadi di Magelang, memang ada sebuah peristiwa yang nanti kami rekomendasikan kepada penyidik. Dan sepertinya penyidik juga sudah memproses pendalaman," urainya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas