Tribun

Wapres Ma'ruf Amin Tanam Kecambah Sawit Bersama 100 Santri di Pondok Pesantren Teknologi Riau

Maruf Amin melakukan penanaman kecambah sawit bersama 100 santri di Pondok Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru, Kamis (25/8/2022).

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Wapres Ma'ruf Amin Tanam Kecambah Sawit Bersama 100 Santri di Pondok Pesantren Teknologi Riau
Tribunnews.com/ Gita Irawan
Wakil Presiden RI KH Maruf Amin melakukan penanaman kecambah sawit hybrid bersama 100 santri di Pondok Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru, Riau pada Kamis (25/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Maruf Amin melakukan penanaman kecambah sawit bersama 100 santri di Pondok Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru, Kamis (25/8/2022).

Para santri tersebut datang dari berbagai pondok pesantren mulai dari Aceh sampai Papua.

Dalam kegiatan tersebut Maruf Amin juga sempat berdialog dengan seorang santri terkait kegiatan mereka baik dari sisi akademik maupun ilmu keagamaan.

"Sudah dipelajari bagaimana menanam, memelihara (sawit)?" tanya Maruf Amin kepada seorang santri.

Santri tersebut pun menjawab bahwa diri dan teman-temannya telah mempelajari bagaimana menanam sawit.

"Kami di sini melakukan kegiatan santripreneur. Di sini kami banyak belajar, mulai dari pembibitan, merawat, menyemai," kata santri tersebut.

Baca juga: Wapres Minta KDEKS Provinsi Riau Kolaborasi dengan Pemangku Kepentingan di Pusat dan Daerah

Dalam acara yang berkolaborasi dengan APKASINDO (Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia) tersebut, Ma'ruf juga diberi paparan mengenai teknologi proses pengolahan minyak makan merah (M3).

Disamping itu, Maruf Amin juga menyerahkan secara simbolik sumbangan kecambah sawit sebanyak 10 ribu kecambah hybrid kepada Pengelola Pondok Pesantren Teknologi Riau.

Sumbangan tersebut berasal dari Sinarmas sebanyak 5 ribu kecambah jenis DxP Damimas dan 5 ribu kecambah jenis DxP First Resources dari Surya Dumai.

Kecambah tersebut nantinya akan ditangkar oleh Santripreneur dan kemudian akan disalurkan untuk program peremajaan sawit rakyat.

Baca juga: Wapres Maruf Amin: Perlu Gerakan Masif dan Terkoordinasi untuk Tangkal Terorisme

“Ini suatu kolaborasi menurut saya bagus sekali dan melibatkan santri. Ini kita memang ingin pesantren jadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat, baik ekonomi sektor keuangan, sektor riil, juga sektor produksi,” kata dia.

Turut hadir mendampingi Maruf Amin, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Felix Wanggai, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, serta Tim Ahli Wapres Johan Tedja Surya, Farhan Brachma, dan Iggi Haruman Achsien.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas