Tribun

Wagub Jabar Uu: Daripada Suami 'Jajan' Bawa HIV/AIDS, Mendingan Diberi Keleluasaan Poligami

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyebut poligami sebagai salah satu cara untuk menekan penularan penyakit HIV dan AIDS, dalam kehidupan ru

Penulis: Galuh Widya Wardani
Editor: Daryono
zoom-in Wagub Jabar Uu: Daripada Suami 'Jajan' Bawa HIV/AIDS, Mendingan Diberi Keleluasaan Poligami
The Independent
Ilustrasi- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyebut poligami sebagai salah satu cara untuk menekan penularan penyakit HIV dan AIDS, dalam kehidupan rumah tangga 

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum ramai dibicarakan setelah memberikan pernyataan seputar poligami, sebagai salah satu cara untuk menekan penularan penyakit HIV dan AIDS.

Menurut Uu, ini adalah salah satu langkah bagi pasangan yang telah menikah untuk terhindar dari penyakit menular itu.

Sementara bagi yang belum menikah, pernikahan dan pemberian edukasi adalah cara terbaik agar terhindar dari penyakit itu.

"Sekarang, kan, sedang viral di Bandung ternyata ibu- ibu banyak yang kena HIV/ AIDS. Kedua, anak-anak muda banyak juga yang kena."

"Nah menurut saya di samping harus ada pemahaman tentang bahaya HIV/ AIDS, kemudian juga tentang pendidikan seks terhadap masyarakat dan juga penyuluhan dari pemerintah tentang HIV/ AIDS, masyarakat sendiri harus mempunyai keberanian untuk bersikap," kata Uu dikutip dari TribunJabar.id, Selasa (30/8/2022).

Untuk anak muda, saran Uu, apabila sudah tidak kuat ingin menyalurkan hasratnya, segerakanlah menikah sesuai syariat agama.

Baca juga: Kiwil Tak Ingin Poligami Lagi, Sebut Nikahi Venti Figianti seperti Nikah dengan Diri Sendiri

Pasalnya, hasrat seksual memanglah hal biologis yang juga manusiawi. 

"Saya berharap kepada anak-anak muda kalau kebelet kawin saja, orang tua memberikan dukungan jangan dihalang- halang, kalau dihalang semacam itu, khawatir lebih parah lagi dampaknya."

"Nikah muda juga belum tentu sengsara, berantakan, apalagi kalau nikahnya niatnya ibadah."

"Sekalipun sedang kuliah, atau belum dapat kerja atau lainnya kalau sudah kebelet ya bagaimana."

"Kalau perlu, masyarakat ingin nikah tidak ada biaya kenapa tidak, saya akan konsultasi dengan Pak Gubernur untuk ada program nikah massal itu, kita kan pemerintah harus respons terhadap keinginan masyarakat, kalau perlu Pemprov mengadakan nikah masal bagi yang tidak punya biaya," sambung Uu.

Meski demikian, upaya lainnya yang juga perlu dilakukan, yakni sosialisasi, penyuluhan, sex education, atau pendidikan terkait seks, harus lebih serius diberikan kepada anak-anak muda.

Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, mengecam tindakan perundungan di Tasikmalaya yang menyebabkan seorang anak meninggal akibat dipaksa berbuat tak senonoh.
Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, mengecam tindakan perundungan di Tasikmalaya yang menyebabkan seorang anak meninggal akibat dipaksa berbuat tak senonoh. (TRIBUNJABAR.ID/FIRMAN SURYAMAN)

Baca juga: Punya 4 Vokalis, Ahmad Dhani: Dewa 19 Band Poligami Perdana di Dunia

Poligami

Selanjutnya, bagi kaum Ibu Rumah Tangga (IRT) yang juga banyak tertular HIV/ AIDS, menurut Uu, poligami dapat digunakan sebagai solusinya.

Wiki Terkait

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas