Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Besok, Komnas HAM Serahkan Laporan Pemantauan dan Penyelidikan Pembunuhan Brigadir J ke Polri

Komnas HAM RI menyerahkan laporan hasil pemantauan dan penyelidikan peristiwa pembunuhan Brigadir J ke Polisi besok

Penulis: Gita Irawan
Editor: Erik S
zoom-in Besok, Komnas HAM Serahkan Laporan Pemantauan dan Penyelidikan Pembunuhan Brigadir J ke Polri
TRIBUNNEWS.com Jeprima
(ilustrasi) Komnas HAM RI mengagendakan menyerahkan laporan hasil pemantauan dan penyelidikan peristiwa pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J ke Polri pada Kamis (1/9/2022) besok. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komnas HAM RI mengagendakan menyerahkan laporan hasil pemantauan dan penyelidikan peristiwa pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J ke Polri pada Kamis (1/9/2022) besok.

Hal tersebut mengingat Komnas HAM RI telah menyelesaikan pemantauan dan penyelidikan peristiwa penembakan Brigadir J. 

Baca juga: Komnas HAM: Ferdy Sambo Sangkal Telah Tembak Brigadir J saat Rekonstruksi Pembunuhan

Berdasarkan undangan yang diterima dari Humas Komnas HAM RI pada Rabu (31/8/2022), rencananya konferensi pers akan dilaksanakan setelah pertemuan dengan Timsus Polri.

"Pertemuan diagendakan pukul 10.00 WIB sampai selesai," kata undangan tersebut.

Terkini Polri Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan Timsus bentukan Kapolri akan hadir menerima rekomendasi tersebut.

Hal tersebut disampaikannya usai menemui pimpinan Komnas HAM di kantor Komnas HAM RI Jakarta Pusat pada Senin (29/8/2022).

BERITA TERKAIT

"Jadi hasil pertemuan tadi, rencana hari Kamis akan ada rapat di sini untuk kita menerima rekomendasi dari Komnas HAM," kata Agung.

Sebelumnya Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik mengatakan pihaknya sedang menyiapkan laporan dan rekomendasi terkait pemantauan dan penyelidikan kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Baca juga: Ada Penyidik Panggil Ferdy Sambo Jenderal Saat Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J, Ini Respons Polri

Ia berharap saat laporan dan rekomendasi Komnas HAM diberikan akan ada konferensi pers bersama di Mabes Polri menandai kerja sama yang solid kedua lembaga sesuai tupoksi masing-masing dan mengakhiri pemantauan dan penyelidikan Komnas HAM terkait kasus tersebut.

Dengan demikian, lanjut dia, Komnas HAM kemudian dapat mengawasi proses peradilan tersebut.

"Laporan yang lebih singkat dan dalam waktu dekat mungkin tergantung waktunya Pak Kapolri, mudah-mudahan hari Jumat kalau bisa misalnya kami akan sampaikan," kata Taufan di kantor Komnas HAM RI pada Selasa (23/8/2022).

Baca juga: LPSK: Berdasar Keterangan Bharada E, Brigadir J Ditembak Ferdy Sambo Dari Belakang Saat Sudah Jatuh

Laporan dan rekomendasi tersebut, kata Taufan, akan lebih singkat dan lebih teknis daripada yang akan diberikan Komnas HAM kepada Presiden RI dan DPR RI.

Fokus utama dari laporan dan rekomendasi tersebut, lanjut dia, salah satunya adalah terkait obstruction of justice atau perintangan penegakan hukum.

"Paling utama itu nanti terkait dengan rekomendasi-rekomendasi. Karena kita tahu ada banyak peristiwa-peristiwa dari sejak awal yang kita sebut sebagai obstruction of justice," kata Taufan 

"Tentu saja Komnas HAM akan menyampaikan rekomendasi salah satunya fokus kepada bagaimana mengatasi obstruction of justice untuk kasus ini maupun untuk nanti seandainya menghadapi kasus serupa di mana ada aparat kepolisian misalnya terlibat dalam satu kasus tindak pidana seperti ini," sambung dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas