Tribun

PAN Tegaskan 9 Nama dalam Rakernas Bukan sebagai Opsi Capres-Cawapres: Itu Para Calon Pemimpin

9 nama yang diumumkan Ketum PAN Zulkifli Hasan dalam Rakernas III bukanlah nama untuk posisi capres-cawapres.

Penulis: Reza Deni
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in PAN Tegaskan 9 Nama dalam Rakernas Bukan sebagai Opsi Capres-Cawapres: Itu Para Calon Pemimpin
Tribunnews/JEPRIMA
Ketua Umum Partai Anamat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (tengah) bersama Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya Sugiarto (kiri) dan Ketua Majelis Penasihat Partai (MPP) DPP PAN Hatta Rajasa (kedua kiri) saat menghadiri acara Rakernas PAN di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (27/8/2022). Pada kesempatan tersebut Zulkifli Hasan menyebutkan 9 nama calon presiden hasil musyawarahkan pada rakernas PAN yang akan diusung di Pemilu 2024. Sembilan nama itu berasal dari elite partai, menteri hingga kepala daerah diantaranya Airlangga Hartarto, Puan Maharani, Zulkifli Hasan, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, hingga Khofifah. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto, menegaskan bahwa 9 nama yang diumumkan Ketum PAN Zulkifli Hasan dalam Rakernas III bukanlah nama untuk posisi capres-cawapres.

"Tidak ada satu kata pun dari ketum tidak ada yang kami umumkan sebagai capres cawapres. Yang Bang Zul umumkan itu pemimpin dan calon pemimpin," kata Yandri di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (31/8/2022).

Wakil Ketua MPR RI itu menyebut kesembilan nama tersebut diposisikan dalam klaster yang sama rata.

Dia mencontohkan sejumlah kepala daerah yang disebut dalam rakernas, di antaranya Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Anies Baswedan, hingga Khofifah Indarparawansa.

"Jadi kita tidak melihat latar belakang parpolnya, kemudian dari KIB ada Bang Zul, Pak Airlangga, Pak Suharso, itu ketum semua," kata dia.

Yandri menambahkan, ada juga dari pimpinan partai politik seperti Puan juga disebut.

"Di situ clear enggak ada yg perlu ragukan, dipertanyakan lebih lanjut. Atau rakernas itu menginventarisir layak yang jadi pemimpin masa depan," tandas dia.

Sebelumnya, PAN menggelar Rakernas di The Ritz Carlton, SCBD, Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

Hasilnya, ada 9 nama yang direkomendasikan PAN sebagai capres 2024 mendatangi.

Baca juga: VIDEO Respon Gerindra Saat Rakernas PAN Tak Rekomendasikan Nama Prabowo sebagai Capres: Tak Masalah

Sembilan nama itu, yakni Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kemudian, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas