Tribun

Kementerian Ketenagakerjaan Salurkan BSU Lewat Bank Himbara, BSI dan PT Pos Indonesia 

Bantuan pemerintah berupa Bantuan Subsidi Upah (BSU) akan disalurkan lewat perhimpunan bank-bank Negara (Himbara) dan PT Pos Indonesia.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Kementerian Ketenagakerjaan Salurkan BSU Lewat Bank Himbara, BSI dan PT Pos Indonesia 
Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami
Konferensi Pers Serah Terima Data Calon Penerima BSU 2022 dan Penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama Penyaluran BSU 2022 di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Selasa (6/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bantuan pemerintah berupa Bantuan Subsidi Upah (BSU) akan disalurkan lewat perhimpunan bank-bank Negara (Himbara) dan PT Pos Indonesia.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengatakan untuk melakukan penyaluran BSU tahun ini, pihaknya selain bekerja sama dengan bank himbara yakni BRI, BNI, BTN, Mandiri, BSI, juga bekerja sama dengan PT Pos Indonesia.

Hal ini untuk mempermudah penyaluran BSU pasca pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM), serta perbaikan penyaluran BSU di tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini berbeda karena kami juga mengikutsertakan PT Pos Indonesia. Belajar dari tahun lalu yang sudah menggunakan skema burekol ternyata masih juga ada yang tidak tersampaikan. Maka tahun 2022 ini untuk mempercepat penyalurannya, di samping kami salurkan melalui bank-bank himbara, kami juga menyalurkan melalui PT Pos Indonesia," kata Ida di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Kemnaker telah menerima 5.099.915 data calon penerima bantuan subsidi upah (BSU) tahun 2022 tahap pertama dari BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, dilakukan penandatanganan perjanjian kerja bersama atau MoU penyaluran BSU 2022 dengan Bank Himbara, PT POS Indonesia, BSI.

Ida berharap dengan pemberian BSU ini dapat tepat sasaran dan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat secara luas khususnya bagi pekerja atau buruh guna mempertahankan daya beli dan memenuhi kebutuhan hidupnya akibat dari kenaikan BBM.

Setelah menerima 5.099.915 data calon penerima BSU tahun 2022 dari BPJS Ketenagakerjaan, Menaker berharap BSU sudah bisa diterima oleh para pekerja pada minggu ini.

"Kita sudah menandatangani MoU dengan Bank Himbara, PT POS, Bank Syariah Indonesia dan sudah ada penyerahan data tahap pertama dari BPJS Ketenagakerjaan mudah2an bisa segera kita salurkan dalam minggu ini," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi mengatakan teknis penyaluran BSU lewat PT Pos Indonesia tidak jauh berbeda dengan penyaluran bansos yang dilakukan Kementerian Sosial.

Baca juga: 5.099.915 Data Calon Penerima BSU Telah Diterima Kemnaker, Ini Syarat Penerimanya

Namun ia belum bisa memastikan jumlah pekerja yang akan mendapatkan BSU lewat PT Pos Indonesia.

"Tentunya gak jauh beda dengan yg dilakuakn PT POS ketika dia mendapat mandat menyalurkan di Kemensos. Jumlahnya belum pasti," ujarnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas