Tribun

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Audit Seluruh Stadion Pertandingan Liga di Indonesia

Presiden mengatakan belajar dari tragedi Kanjuruhan Malang bahwa semua aspek harus diperbaiki agar kejadian serupa tidak terulang.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Audit Seluruh Stadion Pertandingan Liga di Indonesia
SURYA/PURWANTO
Presiden Joko Widodo didampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) meninjau lokasi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (5/10/2022). Dalam pernyataannya, Presiden memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum mengaudit seluruh stadion di Indonesia agar tragedi Kanjuruhan tidak terulang kembali. SURYA/PURWANTO 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Stadion Kanjuruhan yang menjadi lokasi tewasnya lebih dari 100 orang suporter Arema FC usai melawan Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10/2022) lalu.

Presiden menegaskan akan memerintahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk mengaudit seluruh stadion di Indonesia yang akan dipakai untuk liga Indonesia, baik itu Liga 1, Liga 2, mapun Liga 3.

“Semuanya, apakah gerbangnya sesuai dengan standar, cukup lebar sesuai dengan standar,” kata Presiden di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Saiful Anwar, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu, (5/10/2022).

Baca juga: Tinjau Lokasi Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Soroti Pintu Stadion yang Terkunci saat Kerusuhan

Termasuk yang perlu dilakukan audit adalah manajeman lapangan.

Presiden mengatakan belajar dari tragedi Kanjuruhan Malang bahwa semua aspek harus diperbaiki agar kejadian serupa tidak terulang.

“Dari peristiwa ini kita harus perbaiki semuanya, manajamen pertandingan, manajemen lapangan, manajemen pengelolaan stadion, semuanya harus kita audit total. Kita tidak ingin peristiwa seperti di Kanjuruhan ini terjadi kembali di negara kita,” katanya.

Presiden mengaku telah menghubungi Presiden FIFA Gianni Infantino membicarakan tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Dalam perbincangan tersebut Presiden FIFA bersedia membantu pengelolaan sepakbola di Indonesia.

“Senin malam saya sudah telpon pada presiden FIFA Gianni Infantino. Beliau menyampaikan kalau diperlukan FIFA bisa membantu memperbaiki tata kelola persepakbolaan Indonesia,” pungkasnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas