Tribun

Jokowi Direncanakan Buka Pesparani Nasional Katolik II di Kupang 28 Oktober 2022

Presiden Jokowi direncanakan akan membuka Pesparani Nasional Katolik II akan digelar pada 28 - 31 Oktober 2022, mendatang di Kupang, NTT.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jokowi Direncanakan Buka Pesparani Nasional Katolik II di Kupang 28 Oktober 2022
Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyudha
Ketua Umum Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN) Prof. Adrianus Meliala bersama Romo Hans Jeharut dan jajaran pengurus LP3KN di Gedung Pastoral Keuskupan Agung Jakarta. Presiden Jokowi direncanakan akan membuka Pesparani Nasional Katolik II akan digelar pada 28 - 31 Oktober 2022, mendatang di Kupang, NTT. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pesta Paduan suara Gerejani (Pesparani) Nasional Katolik II akan digelar pada 28 - 31 Oktober 2022, mendatang di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut rencana, acara yang mengusung tema 'Membangun Persaudaraan Sejati untuk Indonesia Maju" ini akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: Presiden Jokowi Akan Buka Pesparani Katolik Pada 2 Oktober 2021

Ketua Umum Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN) Prof Adrianus Meliala mengatakan pihaknya masih menunggu konfirmasi pihak Istana terkait kehadiran Presiden Jokowi di acara tersebut.

Selain itu, Adrianus juga berharap para menteri Kabibet bisa hadir dalam acara tersebut.

Menurut rencana juga, Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan menutup acara tersebut pada 31 Oktober 2022.

"Pesparani merupakan momen pertemuan terbesar umat katolik se-Indonesia diperkirakan akan dihadiri lebih dari 3.000 kontestan dari 34 provinsi," kata Adrianus Meliana kepada wartawan, Rabu (5/10/2022) malam.

Selain unsur keagamaan, Adrianus berharap melalui kegiatan pertemuan ini diharapkan dapat menggerakkan perekonomian di Kota Kupang.

Ia menjelaskan, bahwa acara tersebut juga melambangkan kehidupan beragama di Indonesia yang plural dan harmonis, seperti ditunjukkan dengan keterlibatan organisasi lintas agama dalam kepanitiaan.

Untuk menggerakkan perekonomian, Expo Nusantara Pesparani Nasional bakal digelar di Pelataran GOR Flobamora Oepoi Kupang.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Terminal VVIP Bandara Halim Perdanakusuma: Bernuansa Tradisional

Pameran tersebut menghadirkan berbagai produk NTT dan provinsi lainnya.

Sementara itu, venue lomba ada di beberapa lokasi yakni Auditorium Unika untuk Lomba Bertutur Kitab Suci; Mazmur di Gereja Santa Maria Asumpta dan Gereja Santo Yoseph.

Untuk Cerdas Cermat Rohani Katolik di Aula Paroki Santa Maria Asumpta dan Aula Paroki Santo Yoseph. Terakhir Lomba Paduan Suara Dewasa Campuran digelar di Aula El Tari Kupang.

"Semoga pelaksanaan Pesparani Katolik Nasional II di Kupang, NTT akan menyebarkan keharmonisan dan kerukunan ke seluruh Indonesia," jelas Adrianus.

Sebagai informasi, Pesparani merupakan kegiatan pembinaan pengembangan iman umat Katolik di seluruh Indonesia melalui kegiatan-kegiatan yang sifatnya liturgi dan nonliturgis yang secara formal dilakukan oleh Lembaga Pembinaan Pengembangan PESPARANI Katolilk Nasional (LP3KN).

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas