Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Respon Positif Pertemuan Anies Baswedan dengan Ketua Umum Demokrat, PKS Setuju AHY Cawapres?

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) turut menyoroti pertemuan antara Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Respon Positif Pertemuan Anies Baswedan dengan Ketua Umum Demokrat, PKS Setuju AHY Cawapres?
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan kepada wartawan usai pertemuan tertutup di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10/2022). Kedatangan Anies Baswedan ke Partai Demokrat tersebut sebagai ajang silaturhami dan safari politik. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) turut menyoroti pertemuan antara Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang terjadi Jumat (7/10/2022) pagi tadi.

Juru Bicara PKS Muhammad Kholid menilai, pertemuan antara orang nomor satu di Pemprov DKI Jakarta itu dengan AHY jadi sinyal koalisi antara NasDem, Demokrat dan pihaknya.

PKS juga kata Kholid menyambut baik pertemuan Anies dan AHY di markas Partai Demorkat tersebut.

"Saya kira sangat baik. Kami menyambut baik pertemuan tersebut. Semoga semakin memperlebar jalan terbentuknya koalisi perubahan antara PKS Nasdem dan Demokrat," kata Kholid saat dikonfirmasi awak media, Jumat (7/10/2022).

Atas hal itu, pertemuan ini juga diyakini menjadi lampu hijau kalau ketiga partai tersebut akan jalan bersama di Pemilu 2024 mendatang.

Sebab, Anies kata PKS merupakan sosok yang membuat penjajakan koalisi menjadi lebih lancar.

BERITA TERKAIT

"Pak Anies figur yang dapat membantu proses penjajakan koalisi ini berjalan lebih lancar," katanya.

Dia berpandangan dengan adanya pertemuan ini maka proses koalisi antara PKS, NasDem dan Demokrat sudah mencapai 90 persen.

Dalam kata lain, tinggal satu langkah lagi ketiga partai ini mendeklarasikan koalisi sekaligus mengenalkan Anies sebagai capres jagoan.

"Kalau kemarin NasDem bilang 80 persen koalisi ini akan terbentuk. Pasca deklarasi kemarin sudah naik jadi 90 persen," tukas dia.

Baca juga: Satu Jam Bertemu, Rangkuman Pernyataan hingga Nostalgia Anies Baswedan dan AHY di Kantor Demokrat

Diketahui, kehadiran Anies Baswedan ke Kantor DPP Partai Demokrat ini terjadi hanya empat hari setelah dia dideklarasikan oleh Partai NasDem sebagai Calon Presiden (Capres) atau pada Senin (3/10/2022).

Kendati demikian, kehadiran Anies Baswedan ke Demokrat ini bukan untuk keperluan deklarasi melainkan untuk melanjutkan percakapan yang sudah dijalin.

Anies meyakinkan kalau percakapan yang sedang dilakukan dengan Demokrat dan sebelumnya kepada NasDem itu akan berlanjut ke depan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas