Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Alasan Sidang Perdana Gugatan Ijazah Palsu Jokowi Ditunda hingga Dua Pekan

Sidang perdana terkait dugaan ijazah palsu Presiden Joko Widodo ditunda hingga Senin (13/10/2022).

Penulis: Farrah Putri Affifah
Editor: Sri Juliati
zoom-in Alasan Sidang Perdana Gugatan Ijazah Palsu Jokowi Ditunda hingga Dua Pekan
Tribunnews.com/Ashri Fadilla
Sidang perdana gugatan atas ijazah Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo telah digelar pada Selasa (18/10/2022) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. Sidang perdana terkait dugaan ijazah palsu Presiden Joko Widodo ditunda hingga Senin (31/10/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Sidang perdana terkait dugaan ijazah palsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditunda hingga Senin (31/10/2022).

Semula, sidang perdana atas dugaan ijazah palsu Jokowi tersebut dijadwalkan digelar pada Selasa (18/10/2022) kemarin.

Diberitakan Tribunnews sebelumnya, dalam sidang kemarin, pihak Jokowi diwakili oleh pengacara negara dari Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) Kejaksaan Agung.

Namun Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menunda sidang atas dugaan ijazah palsu tersebut lantaran kuasa hukum Presiden Jokowi tidak membawa surat keterangan kuasa.

"Surat kuasa khusus belum dapat kami serahkan dalam sidang ini karena masih dalam proses penerbitan surat kuasa substitusi," terang kuasa hukum Presiden Jokowi dalam persidangan.

Sehingga kuasa hukum Presiden Jokowi dinyatakan tidak sah oleh Majelis Hakim.

Baca juga: Sidang Gugatan Ijazah Palsu Ditunda Sampai Pekan Depan, Majelis Hakim Minta Pihak Jokowi Hadir

Kemudian Majelis Hakim meminta agar para pihak hadir secara langsung ataupun diwakili kuasa hukum pada sidang mendatang.

BERITA TERKAIT

"Maka pada sidang berikutnya akan dilengkapi. Majelis hakim akan memanggil lagi pihak yang belum hadir," jelas Ketua Majelis Hakim, Heneng Pujadi pada Selasa (18/10/2022).

Mengutip dari Kompas.com, para tergugat dan penggugat diminta oleh Majelis Hakim untuk membuat kesepatakan dalam menentukan waktu sidang perdana yang akan diselenggarakan.

Kemudian Majelis Hakim memutuskan dari hasil musyawarah bersama, sidang perdana atas dugaan ijazah palsu Jokowi akan digelar pada 31 Oktober 2022.

"Pada Senin tanggal 31 Oktober 2022 kami sepakati pukul 09.40 WIB."

"Kami minta kepada para pihak mematuhi perintah yang ada, kalau tidak ada pertanyaan lagi kami nyatakan sidang ditutup," kata Heneng.

Warga bernama Bambang Tri Mulyono menggugat keabsahan ijazah Presiden Joko Widodo ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. Gugatan tersebut didaftarkan hari ini, Selasa (11/10/2022) dengan klasifikasi perkara adalah perbuatan melawan hukum dan telah teregister dengan nomor perkara: 592/Pdt.G/2022/PN Jkt.Pst.
Warga bernama Bambang Tri Mulyono menggugat keabsahan ijazah Presiden Joko Widodo ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. Gugatan tersebut didaftarkan hari ini, Selasa (11/10/2022) dengan klasifikasi perkara adalah perbuatan melawan hukum dan telah teregister dengan nomor perkara: 592/Pdt.G/2022/PN Jkt.Pst. (Screenshot Kompas TV)

Perlu diketahui, Presiden Jokowi digugat oleh Bambang Tri Mulyono terkait dugaan menggunakan ijazah palsu ketika mengikuti Pemilihan Presiden tahun 2019.

Adapun gugatan telah terdaftar dalam perkara nomor 592/Pdt.G/2022/PNJkt.Pst dengan klasifikasi perkara perbuatan melawan hukum.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas