Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Pastikan BU Tak Berkaitan dengan Aksi Siti Elina Terobos Istana Presiden

Densus88 Antiteror Polri belum bisa memastikan Bahrul Ulum alias BU yang terafiliasi kelompok NII berkaitan dengan aksi penerobosan Siti Elina

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Polisi Pastikan BU Tak Berkaitan dengan Aksi Siti Elina Terobos Istana Presiden
istimewa
Seorang perempuan bersenjata api mencoba menerobos masuk ke Istana Presiden, Selasa (25/10/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri belum bisa memastikan Bahrul Ulum alias BU yang terafiliasi kelompok Negara Islam Indonesia (NII) berkaitan dengan aksi penerobosan Siti Elina ke Istana Presiden.

Kabag Danops Densus 88 AT Polri, Kombes Pol Aswin Siregar mengatakan, hal itu lantaran Bahrul Ulum yang merupakan suami Siti Elina pada saat aksi penerobosan di Istana Presiden tak turut ditangkap di lokasi yang sama.




"Kalo suaminya merupakan hasil pengembangan dari permasalahan yang dihadapi oleh dia (Siti Elina-red), ternyata suaminya terindikasi terlibat jaringan NII. Tapi tidak berkaitan dengan penyerangan Istana," kata Aswin ketika dikonfirmasi, Kamis (27/10/2022).

Bahrul Ulum yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka, terungkap peranya usai polisi meminta keterangan terkait penyerangan Siti Elina ke Istana Presiden.

"Akhirnya ditemukan bahwa dia warga atau simpatisan kelompok terlarang sudah ikut dalam baiat," sebutnya.

Aswin pun menjelaskan, antara Siti Elina dan Bahrul Ulum tidak bisa disatukan secara langsung terkait peristiwa penerobosan ke Istana Presiden.

BERITA TERKAIT

Sebab saat ini pihaknya masih memproses Bahrul Ulum karena yang bersangkutan tidak ditangkap dalam peristiwa yang sama.

"Kalo suaminya masih dalam proses karena dia tidak ditangkap dalam persitiwa yang sama. Tapi ada juga nanti kita lihat sangkaanya itu," jelas dia.

Adapun saat ini dikatakan Aswin, Bahrul Ulum telah diamankan di Polda Metro Jaya dan masih dalam proses pemeriksaan oleh pihak kepolisian.

Meski begitu, Bahrul Ulum disebutkan Aswin belum dilakukan penahanan karena harus menunggu surat perintah penahanan terlebih dahulu. Selain itu pada kasus ini pihaknya juga memberlakukan Undang Undang Terorisme.

Baca juga: Polisi Temukan 4 Pistol di Rumah Siti Elina, Perempuan yang Coba Terobos Masuk Istana Presiden

"Masih dalam proses pemeriksaan di Polda Metro Jaya," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Siti Elina wanita yang menerobos Istana Presiden sambil membawa senjata diketahui terhubung dengan kelompok yang diindikasikan Hizbutahrir Indonesia (HTI) dan Negara Islam Indonesia (NII) melalui akun sosial media (Sosmed).

Kabags Banops Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Pol Aswin Siregar menjelaskan, hal itu diketahui usai dilakukan pemeriksaan awal kepada Siti Elina pasca dilakukan penangkapan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas