Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komisi III DPR RI Setuju Naturalisasi Shayne Pattynama, Kemenpora Berharap Tim Nasional Semakin Kuat

Komisi III DPR RI menyetujui naturalisasi pemain sepakbola Shayne Elian Jay Pattynama. Menpora berharap timnas semakin kuat.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Komisi III DPR RI Setuju Naturalisasi Shayne Pattynama, Kemenpora Berharap Tim Nasional Semakin Kuat
Tribunnews.com/Mario Christian Sumampow
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali usai Rapat bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (09/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAMARTA - Komisi III DPR RI menyetujui naturalisasi pemain sepakbola Shayne Elian Jay Pattynama.

Persetujuan ini disepakati dalam Rapat Kerja Komisi III DPR bersama Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharief Hiariej, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, serta Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Rabu (9/11/2022).

Zainudin pun berharap dengan disetujuinya naturalisasi ini tim sepakbola nasional Indonesia dapat menjadi semakin kuat.

"Jadi mudah-mudahan harapan kita semua bahwa tim nasional kita semakin kuat dengan kehadiran pemain yang baru kita rekrut yang sekarang mereka main di klub Eropa," ujar Zainudin.

"Dan ini benar-benar pemain yang punya darah keturunan Indonesia. Apalagi yang terakhir ini kan dari nama Pattynama kan kita sudah tahu darimana asalnya, ini adalah salah satu marga yang berasal dari Maluku," tambahnya.

Lebih lanjut, Zainudin juga berharap proses naturalisasi tidak terlalu lama, karena kehadiran Shayne Elian Jay Pattynama sangat dibutuhkan di tim nasional.

BERITA REKOMENDASI

"Kita di piala AFF kita sudah sangat membutuhkan dan sambil menunggu pengambilan sumpah dari Shandy Walse dan Jordy Amat," jelasnya.

Zainudin juga menegaskan langkah naturalisasi atau pemberian kewarganegaraan kepada calon pemain tim nasional sepak bola merupakan kebutuhan jangka pendek demi mempercepat prestasi tim nasional Indonesia.

Zainudin tak ingin naturalisasi menjadi satu-satunya opsi untuk meningkatkan prestasi timnas. PSSI, kata dia, tetap harus mengutamakan pembinaan atlet-atlet muda dalam negeri.

Baca juga: Komisi III DPR Setujui Pemberian Kewarganegaraan RI untuk Shayne Pattynama

Diketahui, Komisi III DPR RI menyetujui naturalisasi terhadap atlet sepak bola Shayne Elian Jay Pattynama agar mendapat kewarganegaraan Indonesia.

Keputusan itu diambil dalam rapat kerja antara Komisi III DPR bersama Wamenham Edward Omar Sharief Hiariej dan Menpora Zainudin Amali, Rabu (9/11/2022).

Dalam rapat itu, Shayne Pattynamavyang merupakan pesepakbola Belanda keturunan Indonesia ini hadir secara virtual.

"Komisi III DPR RI menyetujui pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Shayne Elian Jay Pattynama untuk selanjutnya diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan," kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir, saat membacakan kesimpulan rapat, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas