Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Gasol Cianjur Pasang Pesan 'Ini Bukan Wisata Bencana', Sindir Orang Datang Hanya Foto-foto

Warga Desa Gasol, Cianjur, Jawa Barat memasang pesan di atas media kardus bertuliskan 'Ini Bukan Wisata Bencana', pada Kamis (24/11/2022).

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Warga Gasol Cianjur Pasang Pesan 'Ini Bukan Wisata Bencana', Sindir Orang Datang Hanya Foto-foto
Tribunjabar
Warga Desa Gasol, Cianjur, Jawa Barat memasang pesan di atas media kardus bertuliskan Ini Bukan Wisata Bencana, pada Kamis (24/11/2022). 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Warga Desa Gasol, Cianjur, Jawa Barat memasang pesan di atas media kardus bertuliskan 'Ini Bukan Wisata Bencana', pada Kamis (24/11/2022).

Dikutip dari siaran langsung Facebook TribunJabar, pesan tersebut dipasang di pinggir salah satu jalan dengan menggunakan kardus dan sebatang bambu.

Adapun pesan tersebut merupakan sindiran bagi masyarakat yang belakangan banyak mendatangi atau melintasi tempat kejadian bencana gempa bumi di beberapa wilayah Cianjur, termasuk Desa Gasol tetapi hanya untuk melihat-lihat serta mengabadikan momen lewat foto dan video.

"Sebenarnya tim kita yang pasang tulisan ini, karena kita nggak tahu ya orang yang betul-betul berdonasi atau sekadar ingin mencari nambah follower atau apa kita nggak paham tujuannya mereka, tapi kita berusaha berpikiran positif, tapi nyatanya di lapangan banyak sekali dari warga dan relawan menyaksikan seperti apa," kata seorang relawan, Eka di lokasi, Kamis.

Baca juga: Empat Korban Gempa Meninggal Saat Dirawat di RSUD R Syamsudin Sukabumi

Pesan ini kata Eka, sengaja dibuat untuk mengingatkan bahwa aktivitas 'wisata bencana' tersebut tidak elok dilakukan di tengah situasi seperti sekarang.

Sehingga, ia meminta agar masyarakat manapun yang melintas agar mengedepankan empatinya dan menahan diri untuk tidak mendatangi lokasi bencana jika hanya sekedar berfoto ria.

Baca juga: Rohmat Terpaksa Harus Berpisah dengan Bayinya Usai Melahirkan di Tenda Pengungsian Gempa Cianjur

BERITA TERKAIT

"Makanya objek ini kita pasang mengingatkan bahwa ketika saudara kita terkena bencana, kurang elok kalau sekedar memposting, memvideokan. Apalagi banyak beredar di media sosial jenazah tanpa blur, tanpa sensor mereka posting. Coba kita punya rasa sedikit empati di hati sebagai manusia bagaimana dampak apa yang kita posting untuk keluarga korban. Tolong jangan memikirkan diri sendiri," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas