Tribun

Komentar Menteri Bahlil Soal Kericuhan Munas HIPMI Dinilai Sebagai Bentuk Keprihatinan

Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama mengatakan, pernyataan Bahlil terhadap kericuhan Munas HIPMI merupakan bentuk keprihatinan.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Komentar Menteri Bahlil Soal Kericuhan Munas HIPMI Dinilai Sebagai Bentuk Keprihatinan
ISTIMEWA
Kolase Tribunnews: Menteri Invetasi sekaligus Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia dalam acara Munas HIPMI XVII yang disiarkan secara virtual, Senin (21/11/2022) /// Adu jotos dalam Munas HIPMI XVII di Solo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia diancam oleh sejumlah oknum yang mengklaim sebagai pimpinan organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) atas statemen dalam kejadian kericuhan di Munas HIPMI.

Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama meminta pimpinan OKP tak reaktif.

“Sebagai pimpinan OKP yang juga anak muda harusnya bisa menjadi teladan, jangan memprovokasi harmonisasi kabinet pemerintahan Presiden Jokowi dengan sebentar-sebentar main copot,” kata Haris kepada wartawan, Sabtu (26/11/2022).

Haris menyampaikan bahwa pernyataan Bahlil terhadap kericuhan Munas HIPMI merupakan bentuk dari keprihatinannya sebagai mantan Ketua Umum BPP HIPMI.

Menurutnya hal tersebut dalam rangka upaya menjaga marwah Munas HIPMI sebagai organisasi himpunan pengusaha muda.

Baca juga: Munas HIPMI di Solo Diwarnai Kericuhan, Berikut Sejarah HIPMI

“Komentar Menteri Bahlil pada kericuhan Munas HIPMI merupakan bentuk keprihatinan dan rasa kecintaan beliau sebagai mantan Ketum BPP HIPMI,” ucap Haris.

Ia pun menyayangkan adanya ancaman laporan kepada Bahlil oleh pihak yang mengklaim sebagai pimpinan OKP.

"Ini kok main ancam-ancam saja tanpa melihat akar masalah yang ada jadi aneh,” terangnya.

“Lagipula jika merujuk pada UU Nomor 40/2009 mereka sudah bukan kategori pemuda, ini tambah aneh saja orang-orang ini,” pungkas dia.

Sebelumnya, Munas HIPMI XVII yang digelar di Hotel Alila Solo, Senin (21/11/2022) sempat diwarnai kericuhan.

Baca juga: Hasil Munas HIPMI XVII Solo: Akbar Himawan Buchari Jadi Ketua Umum, Pendukung Sempat Memaksa Masuk

Salah satu peserta Munas HIPMI, sempat memukul dan menendang peserta lain.

Akibatnya, ada peserta yang mengalami luka serius hingga akhirnya dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Moewardi, Solo.

Dugaan sementara adu jotos ini terjadi akibat adanya kesalahpahaman antarpeserta Munas.

Tanggapi kericuhan tersebut, Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia mengaku sedih melihat kericuhan hingga adu jotos di Munas HIPMI XVII di Solo, Senin (21/11) malam.

Menurutnya perasaan yang sama juga dirasakan oleh para senior HIPMI lainnya. Bahlil mengatakan HIPMI adalah organisasi tempat berkumpulnya orang-orang intelektual.

“HIPMI organisasi intelektual, HIPMI organisasi entrepreneur, HIPMI organisasi tempat berkumpulnya orang-orang yang punya cara pandang menyelesaikan masalah yang lebih baik, apakah mereka menjadi pemimpin berkelahi dulu baru masuk organisasi ini,” kata Bahlil.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas