Tribun

Orasi Ilmiah di UBK, Puan Ajak Generasi Muda Teruskan Cita-Cita Bung Karno

Ketua DPR RI Puan Maharani mengisi orasi ilmiah dalam acara wisuda Universitas Bung Karno (UBK). Puan mengajak lulusan UBK bangun Indonesia.

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Orasi Ilmiah di UBK, Puan Ajak Generasi Muda Teruskan Cita-Cita Bung Karno
DOK. Humas DPR RI
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Puan Maharani. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengisi orasi ilmiah dalam acara wisuda Universitas Bung Karno (UBK).

Puan mengajak para wisudawan dan wisudawati untuk berpartisipasi membangun Indonesia.

Saat tiba di lokasi, Puan disambut Rektor UBK dan keluarga Rachmawati Soekarnoputri yang mengelola Yayasan UBK. Almarhum Rachmawati Soekarnoputri merupakan pendiri UBK dan Yayasan UBK.

Puan memasuki ruang acara bersama rombongan Senat UBK sebagai prosesi dimulainya wisuda yang merupakan acara tunggal kegiatan tersebut.

“Saya ucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang baru saja mendapatkan ijazah dan gelar akademiknya. Hari ini sangat didambakan dan menjadi kebanggaan bagi para wisudawan dan wisudawati,” kata Puan dalam keterangan yang diterima, Rabu (30/11/2022).

Orasi ilmiah brttema ‘Sarjana Unggul Berkarakter Pancasila Membangun Indonesia di Era Digital', Puan menceritakan mengenai raihan prestasinya sebagai perempuan pertama dan termuda sebagai Ketua DPR RI.

“Kalau kalian punya cita-cita, Insyaallah akan tercapai jika kerja keras dan disiplin,” tuturnya.

Puan menegaskan dirinya tidak serta merta menjadi Ketua DPR. Dirinya berproses dari bawah ketika memutuskan memasuki dunia politik.

"Jangan kalah dengan para laki laki,” kata dia.

Lebih lanjut, Puan menilai Universitas Bung Karno atau UBK telah secara nyata bergotong royong dan bekerja bersama dalam mewujudkan tujuan berbangsa dan bernegara, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Menurutnya, upaya mencerdaskan kehidupan bangsa bukanlah sekadar kecerdasan dalam ilmu pengetahuan, melainkan juga kecerdasan dalam hal kebudayaan.

“Sehingga mencerdaskan kehidupan bangsa adalah merupakan Nation and Character Building, Pembangunan Karakter Bangsa. Nation and Character building, selalu digelorakan oleh Bung Karno,” kata Puan.

Peraih gelar Doktor Honoris Causa dari Pukyong National University (PKNU) Korea Selatan itu lalu mengutip pernyataan Bung Karno dalam pidatonya di HUT RI tahun 1966.

Baca juga: Puan Maharani: DPR Akan Dorong Pencapaian MEF TNI Semaksimal Mungkin

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas