Tribun

Pergantian Panglima TNI

DPR: Pemaparan Visi-Misi Calon Panglima TNI Yudo Dilakukan Terbuka, Pendalaman Tertutup

Komisi I mengungkapkan pemaparan visi misi calon Panglima TNI akan dilakukan terbuka. Namun untuk pendalaman oleh Komisi I dilakukan tertutup.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in DPR: Pemaparan Visi-Misi Calon Panglima TNI Yudo Dilakukan Terbuka, Pendalaman Tertutup
Dokumentasi Ronin Barokah
Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Komisi I mengungkapkan pemaparan visi misi calon Panglima TNI akan dilakukan terbuka. Namun untuk pendalaman oleh Komisi I dilakukan tertutup. 

TRIBUNNEWS.COM - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Golkar, Dave Laksono mengumumkan pemaparan visi-misi calon Panglima TNI yaitu KSAL, Laksamana Yudo Margono akan dilakukan secara terbuka.

Sebagai informasi, pemaparan visi-misi adalah salah satu tahapan dari uji kelayakan atau fit and proper test terhadap Yudo sebagai calon Panglima TNI.

"Pemaparan (visi-misi calon Panglima TNI) terbuka," ujarnya singkat saat dikonfirmasi, Jumat (2/12/2022).

Sementara, katanya, untuk pendalaman terhadap visi-misi akan dilakukan secara tertutup oleh Komisi I DPR.

"Pendalaman (visi-misi calon Panglima TNI) tertutup," katanya.

Dave mengatakan jadwal uji kelayakan ini masih sesuai yang dijadwalkan sebelumnya yaitu pada Jumat hari ini pukul 13.30 WIB.

Baca juga: Pesan Andika Perkasa ke Yudo Margono Jelang Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Terpisah, Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid mengungkapkan Yudo Margono akan diberi waktu 30 menit untuk memaparkan visi-misinya.

"Penyampaian visi-misi (calon Panglima TNI) 30 menit," katanya saat dikonfirmasi Tribunnews.com.

Setelah itu, kata Meutya, tahapan selanjutnya akan melakukan verifikasi faktual dengan mengunjungi kediaman Yudo Margono.

Verifikasi tersebut akan dilaksanakan usai tahapan uji kelayakan selesai dilakukan.

Yudo Didampingi 3 Kogabwilhan

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bersama KSAL Laksamana TNI Yudo Margono di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara pada Kamis (1/12/2022). Andika Perkasa mengaku senang ditunjuknya Yudo Margono menjadi calon Panglima TNI oleh Presiden Jokowi.
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bersama KSAL Laksamana TNI Yudo Margono di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara pada Kamis (1/12/2022). Andika Perkasa mengaku senang ditunjuknya Yudo Margono menjadi calon Panglima TNI oleh Presiden Jokowi. (Tribunnews.com/ Gita Irawan)

Terpisah, Yudo mengatakan akan didampingin oleh tiga Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan).

Mereka adalah Panglima Kogabwilhan I, Laksamana Madya Muhammad Ali; Panglima Kogabwilhan II, Marsekal Madya Andyawan Martono; dan Panglima Kogabwilhan III, Letnan Jenderal I Nyoman Cantiasa.

"Dari Komisi I yang ikut tujuh orang diperintahkan untuk mendampingi. Nanti sudah saya tunjuk Pangkogabwilhan I, II, dan III, dan empat dari staf yang saya tunjuk untuk menyiapkan slide dan sebagainya," kata Yudo Margono dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Hari Ini Yudo Margono Hadapi Fit and Proper Test sebagai Calon Panglima TNI di DPR

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas