Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Armada 2022, KSAL Laksamana Yudo Margono Potong Tumpeng di Mako Koarmada RI

Dalam kegiatan tersebut Yudo didampingi istrinya, Vero Yudo Margono, para asisten KSAL, dan Kepala Dinas Penerangan TNI AL.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Erik S
zoom-in Hari Armada 2022, KSAL Laksamana Yudo Margono Potong Tumpeng di Mako Koarmada RI
Tribunnews/Gita Irawan
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memotong tumpeng dalam rangka peringatan Hari Armada tahun 2022 di Mako Koarmada RI Jakarta Pusat pada Senin (5/12/202). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memotong tumpeng dalam rangka peringatan Hari Armada tahun 2022 di Mako Koarmada RI Jakarta Pusat pada Senin (5/12/202).

Selain mengucapkan selamat, ia juga berharap seluruh prajurit Koarmada I, II, III, dan Koarmada RI semakin jaya, profesional, modern, dan tangguh dalam melaksanakan tugas-tugasnya ke depan.

Baca juga: Mahfud MD Harap Laksamana Yudo Mampu Atasi Isu Pelanggaran HAM Seperti 2 Panglima Sebelumnya

Ia juga mengungkapkan mulai saat ini markas Koarmada I sudah pindah ke Tanjungpinang, Guspurla Koarmada I juga sudah pindah ke Ranai, Guskamla I pindah ke Sabang, Lantamal IV pindah ke Batam, dan Lanal Batam pindah ke Tanjung Uban.

"Dengan organisasi yang baru saya harapkan Koarmada RI semakin solid, semakin profesional, modern tentunya dapat menjaga kedaulatan NKRI dan juga mampu menegakkan hukum di laut sehingga laut kita menjadi kondusif dan dapat menjamin keamanan pelayaran seluruh dunia," kata Yudo.

Sebelumnya dalam amanatnya yang dibacakan Kepala Staf Koarmada RI Laksmana Muda TNI Yayan Sofiyan saat upacara, Yudo mengatakan peringatan Hari Armada RI tahun ini tidak hanya istimewa dan bersejarah, kata Yudo, namun juga memiliki nilai strategis dengan resminya perpindahan Mako Koarmada I beserta satuan jajaran.  

Hal tersebut, kata Yudo, merupakan bentuk kepekaan TNI Angkatan Laut terhadap dinamika lingkungan yang terus berubah dan berkembang. 

BERITA TERKAIT

Situasi dunia dan kawasan yang bergerak sangat dinamis, kata dia, mengharuskan TNI Angkatan Laut untuk terus membangun dan menata kekuatan agar dapat merespon setiap ancaman terhadap kedaulatan negara dan keamanan laut nusantara secara cepat, tepat dan efektif. 

"Penataan organisasi perlu dilakukan, baik melalui validasi organisasi maupun relokasi satuan, dengan prinsip keterpaduan, efektifitas kodal serta penyebaran distribusi kekuatan," kata Yudo.

Baca juga: Fakta Kapolri Dampingi KSAL Yudo Margono Fit and Proper Test hingga Perintah Jokowi

"Hal ini selaras dengan geografi Indonesia yang menuntut kehadiran kekuatan Armada RI di seluruh penjuru nusantara, khususnya di daerah-daerah rawan dan    corong-corong strategis," sambung dia.

Oleh karena itu, menurutnya melalui pemindahan Mako Koarmada I dan satuan jajaran, akan meningkatkan mobilitas dan mempercepat waktu reaksi pengerahan kekuatan kapanpun dan dimanapun dibutuhkan.

Ia menyadari, langkah besar yang diambil tersebut tentunya membawa konsekuensi yang tidak mudah serta membutuhkan kesadaran, keikhlasan, serta semangat dan kerja keras semua. 

Baca juga: Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Siap Beri Masukan Terkait Calon KSAL Penggantinya

"Namun saya yakin, dengan dilandasi tekad dan niat yang tulus untuk mengabdi kepada ibu pertiwi, segala rintangan dan kesulitan akan dapat kita lalui bersama-sama," kata Yudo.

"Telah menjadi komitmen dan janji bhakti kita semua, untuk kedaulatan negara, tidak boleh ada keraguan dan tawar menawar, karena itulah pilihan jalan yang kita tempuh sebagai prajurit jalasena samudera," sambung Yudo. 

Dalam kegiatan tersebut Yudo didampingi istrinya, Vero Yudo Margono, para asisten KSAL, dan Kepala Dinas Penerangan TNI AL.

Dalam rangkaian kegiatan Hari Armada RI tahun 2022, Koarmada RI telah melakukan sejumlah kegiatan di antaranya bakti sosial dan bakti kesehatan berupa donor darah, sosialisasi pelayanan Keluarga Berencana dan percepatan penurun gizi buruk atau stunting, vaksinasi covid-19, pengobatan mata, dan pembagian sembako.

Baca juga: Presiden Jokowi Diisukan Bakal Rotasi Tiga Kepala Staf TNI Setelah Lantik Yudo Jadi Panglima TNI

Kegiatan tersebut telah dilaksanakan di Mako Koarmada RI Jakarta.

Pada waktu yang sama, Upacara Peringatan Hari Armada RI juga digelar di Mako Koarmada I yang baru di Tanjung Pinang dengan Inspektur Upacara Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas