Tribun

Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan ke-3 Dibuka Tahun 2023, PMM 3 Targetkan 15 Ribu Peserta

Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2023 (PMM 3) bakal dibuka. Kemendikbud Ristek Targetkan 15 Ribu mahasiswa menjadi peserta PMM angkatan ke-3 ini.

Penulis: Arif Fajar Nasucha
Editor: Miftah
zoom-in Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan ke-3 Dibuka Tahun 2023, PMM 3 Targetkan 15 Ribu Peserta
program-pmm.id
Halaman depan laman Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2023 (PMM 3) bakal dibuka. Kemendikbud Ristek Targetkan 15 Ribu mahasiswa menjadi peserta PMM angkatan ke-3 ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi akan menyelenggarakan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan ke-3 (PMM 3) di 2023.

Target program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2023 ini diikuti sebanyak 15.000 peserta.

PMM 2023 ini diselenggaran sebagai salah satu dukungan pada kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Selain itu, program PMM 3 ini juga untuk memastikan mahasiswa dapat menggunakan hak belajarnya di luar program studi dan perguruan tinggi di mana mahasiswa menempuh pendidikan.

PMM 3 merupakan program pertukaran mahasiswa dalam negeri selama satu semester dari satu klaster pulau ke klaster pulau lainnya.

Sehingga akan memberikan pengalaman kebhinekaan melalui keikutsertaan dalam Modul Nusantara, mata kuliah, dan berbagai aktivitas terkait yang bisa memperoleh pengakuan SKS hingga 20 SKS.

"Persahabatan, persaudaraan dengan teman-teman dari lintas provinsi, lintas suku, lintas agama, lintas budaya, ini tentu sangat berguna bagi merajut kebinekaan tunggal ikaan kita, memperkokoh semangat kita untuk kesadaran, dan semangat kita untuk membangun bangsa secara satu dan bersama-sama bergotong-royong," ucap Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam, Rabu (7/12/2022) dikutip Tribunnews dari kemdikbud.go.id.

Program PMM 3 membuka kesempatan bagi mahasiswa perguruan tinggi akademik dan vokasi untuk mengikuti proses pembelajaran di kampus-kampus perguruan tinggi Indonesia sebagai bagian dari upaya penguatan dan perluasan kompetensi, wawasan kebangsaan, cinta tanah air, serta memiliki pemahaman tentang kebinekaan dan toleransi.

Melalui program ini, mahasiswa akan mendapatkan pemahamanan luas tentang keragaman budaya, adat istiadat, suku bangsa, bahasa, dan berbagai potensi kekayaan sumber daya serta potensi lainnya yang dimiliki oleh bangsa dan negara.

Baca juga: Apa Itu PMM? Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang Merupakan Program Unggulan dari Ditjen Diktiristek

Terdapat enam elemen kunci dalam program PMM 2023, yakni:

1. Pertukaran mahasiswa dilakukan dari satu pulau ke pulau lainnya

2. Pengakuan kredit hingga 20 SKS

3. Pertukaran dilakukan mahasiswa dari perguruan tinggi negeri ke perguruan tinggi swasta dan sebaliknya

4. Dapat diikuti oleh mahasiswa semester 3, 5, dan 7

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas