Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menakar Peluang Jenderal Andika Perkasa Masuk Kabinet Jokowi Usai Pensiun 1 Januari 2023

Pengamat membaca peluang Andika Perkasa terjun ke politik dan masuk ke dalam kabinet menteri.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Menakar Peluang Jenderal Andika Perkasa Masuk Kabinet Jokowi Usai Pensiun 1 Januari 2023
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa berbincang dengan Calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebelum mengikuti acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022). Presiden Joko Widodo melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa. Pengamat membaca peluang Andika Perkasa terjun ke politik dan masuk ke dalam kabinet menteri. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membuka sinyal adanya perombakan menteri di Kabinet Indonesia Maju atau reshuffle kabinet.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi saat ditanya perihal hasil Survei Charta Politika yang menunjukkan mayoritas publik menginginkan adanya reshuffle kabinet.

Usai meresmikan Bendungan di Kabupaten Bogor, pada Jumat (23/12/2022), Jokowi menjawab singkat bahwa reshuffle tersebut mungkin dilakukan.




Meski, Presiden tak secara pasti kapan reshuffle tersebut dilaksanakan dan siapa sosok yang akan diganti dan masuk ke dalam kabinet.

Baca juga: Bara API Yakin Jenderal Andika Bakal Maju Capres 2024

Melihat dinamika soal reshuffle kabinet, hal ini seolah-olah menguatkan isu Jenderal Andika Perkasa yang santer dikabarkan masuk ke dalam kabinet.

Ini mengingat Jenderal Andika telah melepas jabatannya sebagai Panglima TNI dan akan purnatugas kemiliteran pada 1 Januari 2023, mendatang.

Apalagi, saat usai upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima TNI di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (20/12/2022) lalu, Jenderal Andika merespons soal peluangnya terjun ke dunia politik.

BERITA TERKAIT

Di mana, Andika mengatakan bahwa dirinya akan kembali bertemu dengan awak media usai pensiun nanti.

Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komaruddin pun membaca peluang Andika Perkasa terjun ke politik dan masuk ke dalam kabinet menteri.

Menurut Ujang, hal itu tak menutup kemungkinan bagi menantu AM Hendropriyono itu untuk masuk ke dalam menteri.

Tentu, itu berkaca dari para eks Panglima TNI sebelumnya yang kembali dipercaya untuk membantu pemerintahan Presiden Jokowi.

"Saya melihatnya banyak kemungkinan yang bisa diambil oleh Andika. Misalkan deal dengan Jokowi bisa saja nanti ada reshuffle kabinet Andika bisa menjadi menteri. Bisa saja seperti Hadi Tjahjanto, panglima sebelumnya yang ditarik sebagai Menteri Jokowi," kata Ujang saat dihubungi, Jumat (23/12/2022).

Baca juga: Serahkan Jabatan Panglima TNI ke Yudo Margono, Andika: Saya akan Beri Masukan bila Terjadi Dinamika

Ujang juga menilai, jika peluang Andika menjadi menteri akan bagus untuk karir politiknya ke depan.

Pasalnya, menjadi menteri bisa dijadikan salah satu cara untuk mensosialisasikan diri dan menunjukkan kinerja agar dikenal oleh masyarakat.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas