Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Covid-19 Masih Ada, IDAI Imbau Orang Tua Selalu Waspada Bawa Anak-anak Liburan Akhir Tahun

IDAI meminta para orang tua untuk selalu waspada saat membawa anak-anak dalam kerumunan, karena saat ini masih masa pandemi virus corona (Covid-19).

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Covid-19 Masih Ada, IDAI Imbau Orang Tua Selalu Waspada Bawa Anak-anak Liburan Akhir Tahun
Tribunnews.com/Ibriza Fasti Ifhami
Stasiun Gambir, Jakarta Pusat tampak dipenuhi ratusan penumpang, Jumat (23/12/2022) petang. IDAI meminta para orang tua untuk selalu waspada saat membawa anak-anak dalam kerumunan, karena saat ini masih masa pandemi virus corona (Covid-19). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) mengingatkan para orang tua yang ingin mengajak anak-anak liburan dalam momen libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Ia meminta para orang tua untuk selalu waspada saat membawa anak-anak dalam kerumunan, karena saat ini masih masa pandemi virus corona (Covid-19).




Piprim mengakui bahwa liburan bersama keluarga merupakan aktivitas yang dapat membuat anak berinteraksi secara langsung dengan lingkungan dan teman sebayanya.

Aktivitas ini juga dapat mendorong mereka untuk tidak terus menerus menggunakan gadget yang memberikan dampak buruk terhadap pola perilaku mereka.

Baca juga: Breaking News: Covid-19 di Indonesia 24 Desember 2022, Hari Ini Tambah 784 Kasus

Namun dia menegaskan agar para orang tua yang memiliki anak ini tidak abai terhadap protokol kesehatan.

"Aktivitas liburan bersama keluarga adalah baik untuk anak bersosialisasi dengan teman sebayanya dan mengurangi paparan screentime," jelas Dr Piprim, dalam keterangan resminya yang diterima Tribunnews, Sabtu (24/12/2022).

BERITA TERKAIT

Para orang tua, kata dia, juga harus tetap memperhatikan asupan nutrisi yang diperoleh sang anak selama momen libur akhir tahun ini.

Begitu pula dengan anak-anak yang masuk kategori usia layak memperoleh vaksinasi Covid-19, yakni 6 hingga 11 tahun, agar dapat melakukan vaksinasi segera demi meningkatkan imunitas mereka sebelum menjalani momen liburan bersama keluarga.

"Selain itu, orang tua juga perlu memperhatikan asupan makanan utama dan kudapan anak selama masa liburan ini, serta melakukan vaksinasi kejar sebelum berlibur," jelas dr Piprim.

Dr Piprim mengajak masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas