Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Ibu, Erick Thohir Luncurkan Program DAYA Srikandi BUMN untuk Dorong Kepemimpinan Perempuan

Erick Thohir melincurkan Program Srikandi BUMN Berkarya & Bertalenta, Kamis (22/12) di Telkom Landmark Tower, Jakarta.

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Dodi Esvandi
zoom-in Hari Ibu, Erick Thohir Luncurkan Program DAYA Srikandi BUMN untuk Dorong Kepemimpinan Perempuan
Istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir dalam sebuah konferensi pers di Pos Bloc, Jakarta. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUN) Erick Thohir melincurkan Program Srikandi BUMN Berkarya & Bertalenta, Kamis (22/12) di Telkom Landmark Tower, Jakarta.

Peluncuran ini sebagai bentuk dukungan bagi pekerja perempuan dan sekaligus dilakukan bertepatan pada Hari Ibu.

“Sejak awal saya percaya, transformasi BUMN yang terus berlangsung, tidak lepas dari dukungan pekerja perempuan. Dan tidak kalah pentingnya adalah kepemimpinan perempuan,” ujar Erick Thohir.

Sebelumnya, tepat di hari Kartini tahun ini, Srikandi BUMN meluncurkan Program Respectful Workplace (RWP) guna mendorong lingkungan kerja yang aman, saling menghargai, menghormati serta bebas dari diskriminasi dan kekerasan, khususnya terhadap perempuan.

Tidak berhenti disitu, Srikandi BUMN juga berkolaborasi dengan Asian Development Bank (ADB) melaksanakan Asian Women Leaders Programs untuk mempersiapkan talent perempuan BUMN menduduki posisi women leader.

Baca juga: Tutup di Akhir Tahun, Erick Thohir Kenang Wisma Atlet Bentuk Perjuangan Melawan Pandemi Covid-19

Sebagaimana diketahui, Erick terus mendorong kepemimpinan perempuan di BUMN melalui keterwakilan perempuan di jajaran direksi BUMN.

BERITA TERKAIT

Pada tahun 2021, keterwakilan perempuan di jajaran direksi BUMN mencapai angka lebih dari 15 persen, dimana capaian ini akan terus ditingkatkan sampai 25% di tahun 2023.

Sementara itu, jumlah direksi muda BUMN di bawah 42 tahun pun telah mencapai angka 9% dan angka ini akan terus dijaga dan ditingkatkan sampai 10% di tahun 2023.

Srikandi BUMN Berkarya

Sejalan dengan itu, Srikandi BUMN sebagai komunitas perempuan berkarya di BUMN yang merupakan sayap dari Forum Human Capital Indonesia (FHCI), terus menciptakan ruang bagi perempuan untuk berkembang. Salah satunya melalui program Srikandi BUMN Berkarya & Bertalenta yang disosialisasikan dengan istilah DAYA.

DAYA menjadi salah satu program berkelanjutan yang diusung untuk mempersiapkan pemimpin-pemimpin perempuan di BUMN.

“Terima kasih atas dukungan yang besar dari Bapak Menteri beserta seluruh jajaran Kementerian BUMN dan seluruh pimpinan di setiap BUMN dalam merealisasikan terciptanya ekosistem yang mendukung kami para Srikandi BUMN dalam berkarya dan mengembangkan talenta,” tutur Ketua Srikandi BUMN, Tina T. Kemala Intan dalam laporannya.

Baca juga: Erick Thohir dan Menpora Bertemu Presiden FIFA Bahas Persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

DAYA mencakup tiga program untuk mengembangkan kompetensi dan kepemimpinan bagi perempuan sekaligus menegaskan komitmen perempuan untuk terus berkontribusi aktif sehingga memberikan dampak nyata kepada perusahaan dan masyarakat, yakni Srikandi BUMN Talent Development, Duta Srikandi BUMN, dan Srikandi BUMN Goes to Campus.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas