Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

VIDEO Demokrat Pastikan Akan Dukung Anies Baswedan, PKS Masih Tunggu Musyawarah Majelis Syuro

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) langsung mengajak untuk membentuk Sekretariat Perubahan bersama Partai Nasdem dan PKS.

Editor: Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai NasDem masih belum mau membahas sosok bakal calon wakil presiden (cawapres), yang akan mendampingi mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali menjelaskan hal tersebut lantaran calon rekan koalisinya yakni Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) harus bersikap dan mendeklarasikan terlebih dahulu kepada Anies Baswedan untuk maju berkontestasi sebagai calon presiden (capres) 2024.

Untuk diketahui Koalisi Perubahan yang diinisiasi Nasdem, Demokrat dan PKS hingga kini belum dideklarasikan. 

Hanya Nasdem yang sudah jauh hari mendukung pencapresan Anies Baswedan.

Merespon yang disampaikan Partai NasDem itu, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) langsung mengajak untuk membentuk Sekretariat Perubahan bersama Partai Nasdem dan PKS.

Menurut AHY, Sekretariat Perubahan sebagai bukti keseriusan dan komitmen Partai Demokrat untuk mewujudkan Koalisi Perubahan.

AHY menegaskan, koalisi Demokrat, PKS, dan Nasdem bertemu bukan untuk politik transaksional dan pragmatisme.

BERITA REKOMENDASI

“Koalisi Demokrat, PKS, dan Nasdem dipersatukan oleh visi dan semangat yang sama, senasib dan seperjuangan, untuk mengemban amanah rakyat yang menginginkan perubahan dan perbaikan pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata AHY dalan keterangan yang diterima, Kamis (26/1/2023).

Sebenarnya, lanjut AHY, kerja tim kecil Koalisi Perubahan sudah mendekati tahap final.

Dengan rentang waktu komunikasi lebih dari enam bulan, sudah cukup untuk mengambil keputusan yang penting dan fundamental.

Adapun terkait Bakal Calon Presiden (Bacapres), tambahnya, sudah ada kesamaan cara pandang dari ketiga partai untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Bacapres 2024.

“Bagi Demokrat, Mas Anies adalah Tokoh Perubahan dan Perbaikan,” ujar AHY.

Lebih lanjut, terkait Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres), sebagaimana telah diketahui, Partai Nasdem menyerahkan penuh kepada Bacapres Anies Baswedan.

Sementara itu, AHY mengakui, Demokrat dan PKS masing-masing memiliki aspirasi kader utamanya sebagai Bacawapres.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas