Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perjalanan Anies Baswedan Kantongi Tiket Capres 2024, Demokrat dan PKS Kini Legowo Soal Cawapres

NasDem, Demokrat, dan PKS memutuskan akan mendukung Anies Baswedan jadi Capres 2024. Mereka pun memberikan keleluasaan kepada Anies tentukan Cawapres

Penulis: Adi Suhendi
zoom-in Perjalanan Anies Baswedan Kantongi Tiket Capres 2024, Demokrat dan PKS Kini Legowo Soal Cawapres
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Anies Baswedan saat menghadiri deklarasi Relawan IndonesiAnies di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2022). Diketahui NasDem, Demokrat, dan PKS memutuskan mendukung Anies Baswedan jadi Capres 2024. Ketiga partai pun memberikan keleluasaan kepada Anies tentukan Cawapres. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai NasDem, Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang tergabung dalam Koalisi Perubahan sudah memutuskan akan mendukung Anies Baswedan menjadi calon presiden atau Capres 2024.

Ketiga partai politik tersebut pun menyerahkan kepada Anies Baswedan untuk menentukan calon wakil presiden atau Cawapres.

Diketahui Partai NasDem menjadi yang pertama mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan untuk menjadi Capres 2024.

Saat itu, deklarasi dukungan Partai NasDem kepada Anies Baswedan diumumkan langsung Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh pada 3/10/2022) di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat.

NasDem pun saat itu memberikan keleluasaan kepada Anies Baswedan untuk menentukan calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam Pilpres 2024.

Baca juga: Sudirman Said Tak Pernah Dengar Ada Perjanjian antara Prabowo dan Anies Baswedan Terkait Pilpres

Setelah mendapan dukungan dari Partai NasDem, Anies Baswedan pun gerak cepat melakukan silaturahmi politik dengan mendatangi Markas Partai Demokrat di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022).

Saat itu, Anies Baswedan melakukan pembicaraan tertutup dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

BERITA REKOMENDASI

Setelah pertemuan tersebut mengemuka soal wacana duet Anies-AHY untuk Pilpres 2024.

Namun, dalam pertemuan tersebut belum terbangun kesepakatan-kesapakatan.

Baca juga: PKS Putuskan Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Janjikan Deklarasi Pencapresan usai Rakernas

Anies Baswedan mengatakan saat itu, bila pihaknya dan Partai Demokrat akan melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Setelah melakukan silaturahmi politik ke Partai Demokrat, Anies Baswedan pun menyambangi markas PKS di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (30/1/2022).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyapa pendukung sebelum pertemuan tertutup di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10/2022). Kedatangan Anies Baswedan ke Partai Demokrat tersebut sebagai ajang silaturhami dan safari politik. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyapa pendukung sebelum pertemuan tertutup di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10/2022). Kedatangan Anies Baswedan ke Partai Demokrat tersebut sebagai ajang silaturhami dan safari politik. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Saat itu kedatangan Anies Baswedan diterima Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Ahmad Heryawan dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Dalam pertemuannya, Anies Baswedan dan elite PKS membahas soal Pilpres 2024.

Sama seperti Partai Demokrat, dalam pertemuan tersebut Anies dan PKS belum sampai kepada kesepakan politik.

Baca juga: Tiba di Lombok, Anies Baswedan: Saya Datang ke Sini Karena Rasa Cinta Mendalam

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas