Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

H-12 Jelang Vonis, Richard Eliezer: Apa Saya Harus Pasrah kepada Arti Keadilan atas Kejujuran?

Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah mengajukan tuntutan 12 tahun pidana penjara untuk Richard Eliezer karena dianggap sebagai eksekutor dalam kasus ini.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in H-12 Jelang Vonis, Richard Eliezer: Apa Saya Harus Pasrah kepada Arti Keadilan atas Kejujuran?
Tribunnews.com/Ashri Fadilla
Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu dalam persidangan pleidoi pada Rabu (25/1/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu kini tengah menunggu putusan hakim dalam sidang kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2023) mendatang.

Sebelumnya ia telah menyampaikan nota pembelaan atau pledoinya untuk menyentuh hati nurani Majelis Hakim agar menjatuhkan vonis ringan atau membebaskannya dari hukuman pidana.

Perlu diketahui, Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah mengajukan tuntutan 12 tahun pidana penjara untuk Richard Eliezer karena dianggap sebagai eksekutor dalam kasus ini.

JPU juga tidak mempertimbangkan status Justice Collaborator (JC) yang diberikan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Richard pun mempertanyakan apakah dirinya harus pasrah begitu saja diadili hanya karena bersikap jujur terkait apa yang sebenarnya terjadi.

Kendati demikian, dirinya tetap meyakini bahwa keadilan akan diberikan padanya yang telah memutuskan untuk berkata jujur.

Baca juga: Yakinkan Hakim, Kubu Richard Eliezer: Ia Hanya Diajarkan Patuh Jalankan Perintah, Bukan Menganalisa

BERITA TERKAIT

"Apakah saya harus bersikap pasrah terhadap arti keadilan atas kejujuran? saya akan tetap berkeyakinan bahwa kepatuhan, kejujuran adalah segala-galanya dan keadilan nyata bagi mereka yang mencarinya," kata Richard Eliezer dalam pledoinya.

Ia kemudian meminta Majelis Hakim untuk menerima pledoinya tersebut dan membebaskannya.

"Saya memohon kepada Yang Mulia Ketua dan Anggota Majelis Hakim, sudilah kiranya menerima pembelaan saya ini," jelas Richard Eliezer.

Namun jika Majelis Hakim memiliki pertimbangan lain dalam memutuskan vonis baginya, kata dia, ia berharap putusan itu dapat diberikan secara adil.

"Apabila Yang Mulia Ketua dan Anggota Majelis Hakim sebagai wakil Tuhan ternyata berpendapat lain, maka saya hanya dapat memohon kiranya memberikan putusan terhadap diri saya yang seadil-adilnya," papar Richard Eliezer.

Dirinya pun mengaku hanya bisa pasrah dan berserah diri kepada Tuhan saat masa depannya dihadapkan pada situasi ini.

"Kalau lah karena pengabdian saya sebagai ajudan menjadikan saya seorang terdakwa, kini saya serahkan masa depan saya pada putusan Majelis Hakim, selebihnya saya hanya dapat berserah pada kehendak Tuhan," tegas Richard Eliezer.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas