Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Erick Thohir Sebut Presiden FIFA Ingin Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2040

Erick Thohir menyebut Presiden FIFA ingin Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 2040. Hal ini disampaikan Presiden FIFA ke Jokowi.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Erick Thohir Sebut Presiden FIFA Ingin Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2040
YouTube Sekretariat Presiden
Para pengurus PSSI seperti Ketua Umum Erick Thohir, Wakil Ketua Umum Ratu Tisha dan Zainudin Amali dan anggota Exco saat konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta usai menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (20/2/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyebut Presiden FIFA, Gianni Infantino ingin Indonesia dapat menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia 2040.

Erick Thohir menyebut keinginan Gianni Infantino disampaikan kepada Presiden Joko Widodo saat gelaran G20 di Bali beberapa waktu lalu.

Permintaan ini, lanjutannya, membuat Erick Thohir berencana membuat blue print untuk masa depan sepakbola Indonesia hingga tahun 2040.

"Diskusi Bapak Presiden dengan Presiden (FIFA), Gianni Infantino ketika ada di G20, salah satunya Indonesia diharapkan bisa menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia 2040."

"Artinya apa tentu kita harus punya blue print menuju 2040," ujarnya dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/2/2023) dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Erick pun menjabarkan beberapa rencana jangka panjang seperti pembuatan program, pematangan infrastruktur, hingga pembinaan pemain untuk Timnas Indonesia.

Baca juga: Para Pengurus PSSI yang Baru Terpilih Bertemu Presiden Jokowi di Istana

Menurutnya, blue print yang dirancang dipastikan akan tetap dilanjutkan oleh siapapun yang memimpin entah itu presiden atau Ketua Umum PSSI.

BERITA TERKAIT

"Kita punya tujuan yang sama, mengibarkan bendera Merah-Putih, mengibarkan Garuda di musim kompetisi, jelas kompetisi tertinggi di dunia yaitu bagaiamana kita bisa menjadi tuan rumah. Jadi itu yang akan diupayakan," jelasnya.

Lebih lanjut, Erick memaparkan rencana jangka pendek PSSI yang akan dilakukan adalah menggelar sarasehan dengan melibatkan klub Liga 1, Liga 2, Liga 3 hingga organisasi wasit pada 4 Maret 2023 mendatang.

Setelah sarasehan digelar, eks bos Inter Milan ini baru akan membuat blue print jangka panjang terkait sepakbola Indonesia.

Kendati demikian, Erick menegaskan pihaknya tengah berfokus terkait persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang bakal dimulai pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Pelaku Match Fixing Dihukum Penjara Seumur Hidup

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan) dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (tengah) bertumpu tangan usai menggelar konferensi pers terkait Penegakan Hukum Match Fixing di kawasan SUGBK, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Demi menjerat para pelaku atur skor PSSI menggandeng Polri telahj menyiapkan beberapa sanksi tegas secara hokum. Tribunnews/Jeprima
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan) dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (tengah) bertumpu tangan usai menggelar konferensi pers terkait Penegakan Hukum Match Fixing di kawasan SUGBK, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Demi menjerat para pelaku atur skor PSSI menggandeng Polri telahj menyiapkan beberapa sanksi tegas secara hokum. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Sebelumnya, Erick juga telah bertemu dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk membahas pengaturan skor atau match fixing.

Dalam konferensi pers yang digelar di Media Center SUGBK, Minggu (19/2/2023), Erick menegaskan bagi pelaku match fixing akan dihukum penjara seumur hidup.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas