Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

VIDEO F1 Poweboat Lake Toba, Menteri Sandiaga Uno: Pengunjung Lebih Banyak dari Target Awal

Sandiaga Uno mengatakan jumlah pengunjung ke Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) lebih banyak dari target awal.

Editor: Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, BALIGE - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan jumlah pengunjung ke Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) lebih banyak dari target awal.

Hal itu disampaikan Menteri Sandiaga Uno, Minggu (26/2/2023).

Walaupun demikian, pihaknya belum bisa memberikan angka pasti jumlah pengunjung ke Danau Toba saat event bertaraf internasional tersebut, yang digelar pada tanggal 24 hingga 26 Februari 2023.




"Target kita jumlah pengujung ada sebanyak 25 ribu, tapi dari pantauan kita ternyata melebihi dan nanti akan dilaporkan dengan angka secara resmi," ujar Sandiaga Uno.

"Terimakasih atas kepercayaan kepada Indonesia, khususnya Balige sebagai tuan rumah. Ini pertamakali dan sebagai sejarah," ungkapnya.

Ia berharap, event tersebut dapat menjadi pemicu dan pemacu pengembangan pariwisata di kawasan Danau Toba. Ia yakin, Danau Toba sanggup jadi tuan rumah event bertaraf internasional.

"Ini merupakan langkah kolaborasi dan kalau masih ada yang menyangsikan bahwa kalau Danau Toba bisa menjadi tuan rumah event internasional, ini sudah bisa kita patahkan,", sambungnya.

BERITA TERKAIT

"Kita berharap ini menjadi pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Ini sungguh luar biasa, bahwa dalam 10 bulan kita dapat menghadirkan event ini," jelasnya.

Ia juga menyampaikan, seluruh peserta balap akan tinggal beberapa hari di kawasan Danau Toba pascaevent.

"Maka, sejak awal kita sudah lakukan persiapan SDM, pembenahan infrastruktur, monitoring. Karena para racer akan tinggal di sini sampai hari Kamis. Mereka memutuskan untuk lebih lama tinggal di Sumatera Utara," ungkapnya.

Bahkan, dirinya akan berkoordinasi dengan pihak delegasi Timur Tengah dan Afrika Utara soal pengembangan pariwisata di Danau Toba.

"Ini kita dukung dengan publikasi dan promosi. Kota akan bertemu dengan delegasi Timur Tengah dan Afrika Utara dan tadi kita juga bertemu dengan Putra Mahkota Ini Emirat Arab," lanjutnya.

"Kita hitung bersama panitia, penyelenggaraan event ini akan memberikan dampak di Danau Toba ini akan capai Rp 300 miliar," ucapnya.

Baca juga: F1 Powerboat Danau Toba Segera Berlangsung, Bakal Setara Seperti Seri Monaco dan Abu Dhabi

Luhut Sebut Danau Toba Bakal Semakin Mendunia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas