Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gelar Pertemuan, DPR Minta Pertamina Lakukan Investigasi Penyebab Kebakaran Depo Plumpang

Anggota DPR RI Komisi VII Diah Nurwitasari, meminta Pertamina untuk melakukan investigasi penyebab kebakaran Depo Plumpang, Jakarta Utara.

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Gelar Pertemuan, DPR Minta Pertamina Lakukan Investigasi Penyebab Kebakaran Depo Plumpang
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Foto udara menampilkan suasana pascakebakaran Depo Pertamina Plumpang yang menyambar kawasan permukiman padat di sekitarnya, di Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). Peristiwa kebakaran yang terjadi pada Jumat (3/3/2023) malam tersebut menyebabkan belasan orang meninggal dunia dan puluhan orang lainnya mengalami luka bakar berat. WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA 

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI Komisi VII Diah Nurwitasari, meminta Pertamina untuk melakukan investigasi penyebab kebakaran Depo Plumpang, Jakarta Utara.

Diah Nurwitasari telah bertemu dengan Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina Nicke Widyawati di Depo Pertamina Plumpang, Selasa (7/3/2023)

Pertemuan tersebut berlangsung tertutup.

Diah mengatakan, dalam pertemuan itu pihaknya membicarakan dua hal terkait insiden kebarakan yang menewaskan belasan korban jiwa itu.

Adapun pembicaraan tersebut, katanya, membahas terkait insiden kebakaran Plumpang dan musibah di lokasi tersebut yang sudah terjadi beberapa kali.

"Satu sisi terkait peristiwa di Plumpang. Kemudian yang kedua terkait dengan masalah-masalah yang mungkin beberapa kali musibah ini terjadi," kata Diah, saat dihubungi, Selasa (7/3/2023).

Baca juga: Rusdi Yusuf: Keputusan Memindahkan Depo BBM Plumpang Sudah Tepat Meski Tidak Mudah

BERITA TERKAIT

Diah mengatakan, terminal bahan bakar minyak (TBBM) Plumpang itu merupakan objek vital yang perlu mendapat perhatian serius.

"Bahwa kita melihat Pertamina ini adalah perusahaan yang sangat penting dan seperti TBBM Pelumpang itu juga kan merupakan objek vital nasional yang perlu mendapatkan perhatian yang serius" ujar Diah.

Ia menjelaskan, hingga kini pihak Pertamina masih terus melakukan penyelidikan dan investigasi penyebab terjadinya kebakaran.

Sehingga belum dapat menjelaskan secara pasti penyebab kebakaran itu.

Baca juga: Hibur Anak-anak Korban Kebakaran Depo Plumpang, Kak Seto: Mereka Butuh Makanan Bergizi

"Jadi pihak pertamina belum bisa menyebutkan secara detail, secara pasti, apa sebetulnya yang menjadi penyebab kebakaran peristiwa kemarin," kata Diah.

Karena itu, Diah medesak Dirut PT Pertamina untuk membuat tim investigasi eksternal yang melibatkan pihak lain untuk bisa mengetahui kesalahan yang secara objektif menyeluruh.

"Nah tapi kami juga menyampaikan bahwa investigasi ini harus betul2 dilakukan secara objektif, secara menyeluruh dan kemudian juga dalam investigasi ini ya, bahkan kalau perlu libatkan pihak lain," tegas Diah.

Baca juga: Taruna Merah Putih Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas