Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pekerja Rumah Tangga Lakukan Aksi Demonstrasi di DPR, Tuntut Puan Maharani Sahkan RUU PPRT

Puluhan perempuan turun ke jalan melakukan aksi demonstrasi memperingati Hari Perempuan Internasional, 8 Maret 2023 di DPR minta RUU PPRT disahkan.

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Pekerja Rumah Tangga Lakukan Aksi Demonstrasi di DPR, Tuntut Puan Maharani Sahkan RUU PPRT
Tribunnews.com/Rahmat W. Nugraha
Puluhan perempuan turun ke jalan melakukan aksi demonstrasi memperingati Hari Perempuan Internasional, 8 Maret 2023. Aksi tersebut dilakukan di depan Gedung DPR RI, Jakarta. Mereka menuntut DPR segera mengesahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Puluhan perempuan turun ke jalan melakukan aksi demonstrasi memperingati Hari Perempuan Internasional, 8 Maret 2023. 

Adapun aksi tersebut dilakukan di depan Gedung DPR RI, Jakarta.

Para aktivis perempuan duduk sambil memegang poster di gerbang depan DPR RI untuk bertemu Ketua DPR RI, Puan Maharani dan para pimpinan DPR RI untuk segera mengesahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT).

Peringati Hari Perempuan Internasional 1.000 perempuan bakal lakukan aksi demonstrasi di pintu gerbang DPR RI.
Peringati Hari Perempuan Internasional 1.000 perempuan bakal lakukan aksi demonstrasi di pintu gerbang DPR RI. (Tribunnews.com/Rahmat W. Nugraha)




Pantauan Tribunnews.com di lokasi 09.00 WIB, Rabu (8/3/2023) para Pekerja Rumah Tangga (PRT) membawa spanduk untuk para anggota DPR RI bertuliskan:

"Mbak Puan mengurus negara saja, untuk cuci baju biar kami saja,"

"Bapak ibu Anggota DPR: Mengurus negara itu berat, urusan seterika baju biar saya saja,"

"Bapak Ibu Anggota DPR, tenang saja, aksi ini nggak apa-apa menyedihkan, yang menyedihkan jika RUU PPRT tidak juga disahkan,"

Baca juga: Eva Sundari: Pengesahan RUU PPRT Jadi Kesempatan Puan Maharani Buktikan Janji Kampanye

BERITA TERKAIT

Diketahui aksi ini merupakan bagian dari aksi Rabuan PRT yang sudah dilakukan setiap Rabu sejak 21 Desember 2022 hingga hari ini. 

Setiap Rabu, para perempuan melakukan orasi di depan DPR. Gelombang aksi seperti ini akan terus diperjuangkan oleh para PRT hingga RUU PPRT disahkan.

Beberapa PRT peserta aksi juga masih melakukan puasa sebagai tindak lanjut aksi Rabuan minggu-minggu sebelumnya.

Aksi PRT dalam memperingati Hari Perempuan Internasional 8 Maret 2023 ini tak hanya dilakukan di Jakarta, namun juga di 5 kota lainnya di Indonesia, yaitu Makassar, Yogya, Medan, Semarang dan Tangerang.

Aksi-aksi di kantor-kantor DPRD kota menuntut hal yang sama: pengesahan RUU PPRT paska diperjuangkan selama 19 tahun.

Sejumlah aktivis membentangkan kain lap raksasa dalam aksi damai memperingati Hari Pekerja Rumah Tangga di depan kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/2/2023). Mereka menuntut DPR untuk segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) untuk melindungi HAM para pekerja rumah tangga yang selama ini dinilai kerap kali terabaikan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah aktivis membentangkan kain lap raksasa dalam aksi damai memperingati Hari Pekerja Rumah Tangga di depan kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/2/2023). Mereka menuntut DPR untuk segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) untuk melindungi HAM para pekerja rumah tangga yang selama ini dinilai kerap kali terabaikan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas