Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dubes Palestina Angkat Suara Terkait Kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia FIFA U-20 Indonesia 

Tim nasional (Timnas) sepak bola U-20 Israel akan berpartisipasi dalam Piala Dunia FIFA U-20 2023 yang diselenggarakan oleh Indonesia pada Mei

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Dubes Palestina Angkat Suara Terkait Kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia FIFA U-20 Indonesia 
Larasati Dyah
Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun pada konferensi pers terkait Perkembangan Situasi Terkini dan Politik di Palestina di kantor Kedutaan Palestina, Jakarta, Rabu, 15 Maret 2023. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim nasional (Timnas) sepak bola U-20 Israel akan berpartisipasi dalam Piala Dunia FIFA U-20 2023 yang diselenggarakan oleh Indonesia pada Mei mendatang. 

Kedutaan besar (Kedubes) Palestina angkat suara terkait kedatangan Timnas Israel yang menuai polemik dan menuai penolakan dikalangan masyarakat Indonesia.

Menurut Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun event ini tidak ada kaitannya dengan kondisi politik yang terjadi.




Zuhair juga mengapresiasi Indonesia yang konsisten untuk terus memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina di tingkat internasional.

Hal ini ia sampaikan pada konferensi pers terkait Perkembangan Situasi Terkini dan Politik di Palestina di kantor Kedutaan Palestina, Jakarta, Rabu, 15 Maret 2023.

"Sebagaimana sudah kita ikuti terkait adanya suatu event yang akan digelar di Indonesia, yaitu kejuaraan sepakbola piala dunia FIFA U-20. Kita tahu bahwa masing-masing federasi di dunia ini memiliki aturannya sendiri-sendiri, termasuk FIFA. Dalam kaitan ini, kita tahu bahwa Indonesia telah berhasil memenangkan bidding sebagai tuan rumah. Tentu saja kepesertaan masing-masing negara yang ikut event ini tidak ada kaitannya dengan masalah suka atau tidak suka dengan negara-negara yang ikut dalam kepesertaan tersebut. Karena masing-masing ikut serta dalam event itu sebagai bagian dari kompetisi yang sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku," kata Zuhair.

Ia mengatakan dalam event Piala Dunia di Qatar, meskipun Palestina tidak ikut dalam kontingen atau tim yang ikut kompetisi, dukungan untuk Palestina tetap hadir dalam event tersebut.

BERITA TERKAIT

Sehingga seakan-akan tim Palestina ikut andil dalam Piala Dunia tersebut.

Ia meyakini dukungan itu juga akan dapat dirasakan di event yang akan berlangsung di Indonesia.

"Kita tau banyak sekali negara dan tim yang kemudian menyuarakan dukungan kepada Palestina. Ini menunjukkan bahwa Palestina tetap ada di hati banyak kalangan di dunia ini," ujarnya.

Apresiasi disampaikan Dubes Zuhair, sebab Indonesia terus lantang menyuarakan kemerdekaan Palestina di Dewan HAM PBB hingga G20 India.

Ia mengapresiasi Menlu RI Retno Marsudi yang mengkritik masalah dualisme dunia internasional terhadap isu Palestina.

Dubes Palestina mengatakan pihaknya menghormati keputusan pemerintah Indonesia dan tidak meragukan dukungan pihak-pihak di Indonesia terhadap Palestina.

Baca juga: Polemik Penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U20, MUI Tak Gegabah, Erick Thohir Pilih Urus Timnas

"Pada kesempatan kali ini, diharapkan dapat memupus keraguan di kalangan sejumlah pihak. Saya menegaskan apa yang saya lihat, dengar, dan temui pejabat Indonesia, saya meyakini dukungan Indonesia terhadap Palestina tidak akan berubah. Indonesia senantiasa konsisten dan teguh dalam isu Palestina, baik di forum regional, bilateral dan multilateral," ujarnya.

"Saya menegaskan bahwa Palestina, pemimpin Palestina meyakini bahwa Indonesia tidak akan pernah berubah dan masih terus konsisten mendukung Palestina," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas