Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Satgas TNI AL KRI Frans Kaisiepo-368 Kembali Dipercaya Gelar Pertemuan Strategis UN MSC

KRI Frans Kaisiepo-368 kembali dipercaya MTF Commander RADM Michael Busse, menggelar pertemuan strategis.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Satgas TNI AL KRI Frans Kaisiepo-368 Kembali Dipercaya Gelar Pertemuan Strategis UN MSC
Dinas Penerangan Angkatan Laut
Satuan Tugas (Satgas) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Frans Kaisiepo-368 yang tergabung dalam Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL menggelar pertemuan antara United Nations Military Staff Committee (UN MSC) dengan MTF UNIFIL di atas KRI Frans Kaisiepo-368 saat sandar di Port of Beirut pada Selasa (21/3/2023) lalu. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Frans Kaisiepo-368 yang tergabung dalam Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL kembali dipercaya MTF Commander RADM Michael Busse, menggelar pertemuan strategis.

Pertemuan antara United Nations Military Staff Committee (UN MSC) dengan MTF UNIFIL digelar di atas KRI Frans Kaisiepo-368 saat sandar di Port of Beirut pada Selasa (21/3/2023) lalu.




"Setelah sempat absen selama lima tahun, United Nations Military Staff Committee (UN MSC) yang merupakan representatif dari para Menteri Pertahanan negara-negara anggota Dewan Keamanan PBB," kata keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL pada Jumat (24/3/2023).

"UN MSC kembali menggelar pertemuan strategis dengan MTF UNIFIL, peran UN MSC penting dalam memberikan rekomendasi kepada Dewan Keamanan PBB berkaitan dengan tugas untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia," sambung keterangan tersebut.

Baca juga: Prajurit KRI Frans Kaisiepo-368 TNI AL Kirim Alat Medis Hingga Obat-obatan untuk Korban Gempa Turki

Rombongan UN MSC yang dipimpin Brigadier General Vincent de Kyspotter beserta 8 anggota delegasi dari berbagai negara diterima langsung oleh MTF Commander yang didampingi Chief of Staff MTF, Kolonel Laut (P) Ludfy, serta Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL, Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh.

Di atas geladak KRI Frans Kaisiepo-368, para delegasi disambut persembahan kolaborasi kesenian Rampak Gendang, Tari Saman dan band sebagai ucapan selamat datang dari para prajurit KRI FKO-368.

BERITA TERKAIT

Pertemuan antara delegasi UN MSC dengan MTF dan UNIFIL dilaksanakan di ruang lounge room KRI FKO-368.

Baca juga: TNI AL Siagakan Kapal Perang KRI Banda Aceh-593 untuk Penampungan Korban Kebakaran Depo Plumpang

Pertemuan berlangsung penuh persahabatan, antusias, dan sangat produktif.

"Beberapa agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut antara lain mengenai force structure, solusi teknologi untuk efektivitas misi, perluasan kerja sama dengan Lebanese Armed Forces (LAF), berbagai capaian MTF, dan transisi tanggung jawab ke LAF Navy," kata dia.

Selesai pertemuan, para delegasi dimanjakan dengan kekayaan kuliner khas Indonesia.

Para delegasi juga berkesempatan melaksanakan ship’s tour dan berinteraksi dengan para prajurit untuk mengetahui langsung kehandalan kapal berikut personel pengawaknya sesuai persyaratan PBB.

Mengakhiri kunjungan, Head of Delegation UN MSC menyampaikan kesan mendalam atas kehandalan kapal dan performa impresif prajuritnya.

Ia juga berterima kasih atas keramahan, pertemuan yang sangat produktif, serta acara yang dikemas dengan apik dan kental dengan ragam budaya Indonesia.

MTF Commander juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan KRI Frans Kaiseipo-368 dalam menyelenggarakan kegiatan penting tersebut.

Kepercayaan yang diberikan tersebut tidak terlepas dari performa KRI Frans Kaisiepo-368 yang dinilai outstanding dalam setiap penugasan dan selalu siap kapanpun dibutuhkan.

"Kepercayaan yang diberikan kepada KRI FKO-368 tentu saja karena hasil kerja keras dari seluruh personel yang dilandasi pengabdian yang tulus dan ikhlas sebagai jalan menuju kejayaan Angkatan Laut 'Jalesveva Jayamahe' sesuai penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali untuk terus menjaga kepercayaan yang diberikan sebagai pasukan perdamaian dan sekaligus sebagai duta bangsa," kata keterangan tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas