Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Erick Thohir: Jokowi Tidak Mau Indonesia Terkucilkan Sepak Bola Dunia, Minta Segera Bicara ke FIFA

Erick mengatakan Jokowi ingin agar Indonesia tidak dikucilkan dalam persepakbolaan dunia. Sehingga, Jokowi meminta agar ada pembicaraan ke FIFA.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Sri Juliati
zoom-in Erick Thohir: Jokowi Tidak Mau Indonesia Terkucilkan Sepak Bola Dunia, Minta Segera Bicara ke FIFA
YouTube Sekretariat Presiden
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat (31/3/2023). Erick mengatakan Jokowi ingin agar Indonesia tidak dikucilkan dalam persepakbolaan dunia. Sehingga, Jokowi meminta agar ada pembicaraan ke FIFA. 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir diminta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar Indonesia tidak dikucilkan dari kancah sepakbola dunia.

Sehingga, Jokowi pun meminta kepada Erick Thohir agar segera membuka pembicaraan kembali dengan FIFA.

"Presiden menginstruksikan langsung kepada saya untuk segera kembali membuka pembicaraan bersama FIFA untuk kita tetap menjadi bagian keluarga besar FIFA."

"Sehingga bisa diartikan bahwa Presiden tidak mau kita terkucilkan dari peta persepakbolaan dunia," ujarnya dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Jumat (31/3/2023) yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden.

Erick Thohir pun berjanji setelah adanya instruksi dari Jokowi tersebut, dirinya akan bekerja keras untuk bernegosiasi kembali dengan FIFA agar menghindari sanksi pasca pencabutan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

"Dari FIFA sendiri, tentu mengharapkan hal-hal ini tidak terjadi, tetapi tentu kalau kita lihat dari suratnya, itu jelas FIFA sedang mempelajari sanksi untuk Indonesia," katanya.

Baca juga: Ucapan Terima Kasih Gianni Infantino kepada Argentina yang Siap Jadi Tuan Rumah Pengganti Pildun U20

Lebih lanjut terkait keputusan FIFA soal sanksi, Erick mengungkapkan tengah menunggu usai organisasi sepakbola tertinggi dunia itu melakukan rapat bertajuk FIFA Council beberapa hari mendatang.

BERITA REKOMENDASI

"Tentu saya bersiap bertemu dengan FIFA," ujarnya.

Seperti diketahui, FIFA resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 pada Rabu (29/3/2023).

Pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 disampaikan FIFA melalui rilis resminya.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua PSSI Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," tulis pernyataan FIFA.

Tak sampai di situ, FIFA juga berpotensi akan memberikan sanksi kepada Indonesia setelah dicabut sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

"Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya," lanjut FIFA.

Baca juga: Gibran: PSSI Akan Siapkan Event Pengganti Piala Dunia U20 

Di sisi lain, FIFA menegaskan tetap berkomitmen untuk membantu PSSI dan Jokowi terkait proses transformasi sepakbola Indonesia pasca Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Oktober 2022 silam.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas