Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Piala Dunia U-20 di Indonesia Batal, Respons Wayan Koster: Pentingkan Keamanan dan Keselamatan

Gubernur Bali, I Wayan Koster, merespons soal batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Penulis: Ifan RiskyAnugera
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Piala Dunia U-20 di Indonesia Batal, Respons Wayan Koster: Pentingkan Keamanan dan Keselamatan
istimewa
Gubernur Bali, Wayan Koster, merespons soal batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Gubernur Bali, I Wayan Koster, merespons mengenai batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Diketahui, Wayan Koster termasuk pihak yang menolak kehadiran Timnas Israel di Indonesia pada ajang Piala Dunia U-20 2023.

Penolakan keikutsertaan Timnas Israel dianggap sebagai penyebab dicoretnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Ia menganggap kehadiran Timnas Israel di Bali nantinya akan berpotensi menjadi sasaran dari berbagai pihak yang bisa membayahakan keamanan dan keselamatan masyarakat Bali, masyarakat Indonesia, serta Tim Israel selama bertanding di Bali.

"Sebagai Gubernur Bali, saya tidak mentolerir terhadap potensi gangguan keamanan dan keselamatan masyarakat Bali, yang lebih lanjut akan berdampak luas atas kerja keras semua pihak selama ini, dalam upaya pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali, sehingga baru bisa pulih dan bangkit kembali pasca Pandemi Covid-19," ungkap Wayan Koster lewat keterangan tertulis, Kamis (30/3/2023), dikutip dari TribunBali.com.

Wayan Koster juga menambahkan, Bali merupakan Pulau Dewata yang menjadi pusat spiritual, dimana kedamaian dan kemanusiaan dikedepankan.

Baca juga: Gibran: PSSI Akan Siapkan Event Pengganti Piala Dunia U20 

Hal itu, menurut Koster, harus dijaga dengan sebaik-baiknya.

BERITA REKOMENDASI

Meski menolak kehadiran Timnas Israel di Indonesia, Koster mengaku sesungguhnya ia sangat mengharapkan Piala Dunia U-20 2023 digelar di Bali.

Namun, ia mengatakan ajang tersebut tidak bisa dipisahkan dari prinsip kemanusiaan.

Koster pun menyinggung sikap Presiden pertama RI, Ir Soekarno, yang anti terhadap Israel, dimana sikap itu tertuang dalam konstitusi.

"Sebagai pecinta bola, saya sebagai Gubernur Bali sesungguhnya sangat mengharapkan Kejuaraan Dunia FIFA U-20 juga dilaksanakan di Bali. Namun, event ini tidak bisa dipisahkan dari prinsip kemanusiaan, sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi dan Bung Karno."

"Oleh karena itu, saya juga tidak berharap atas keputusan FIFA yang membatalkan kejuaraan Piala Dunia  U-20 di Indonesia, meskipun Pemerintah Pusat telah berupaya keras melakukan komunikasi dengan Presiden FIFA," terang Koster.

Ia pun mengajak masyarakat bali untuk berdoa agar FIFA berlaku adil dan mencoret Tim Israel dalam kejuaraan Piala Dunia U-20.

"Saya mengajak masyarakat Bali untuk mendoakan bersama agar FIFA tergerak hatinya untuk tetap berlaku adil dengan mencoret Tim Israel dalam Kejuaraan Dunia FIFA U-20, sama dengan sikapnya ketika mencoret Tim Rusia dalam Kejuaraan Dunia FIFA Tahun 2022 di Qatar," pungkasnya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas