Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemudik Mulai Padati Stasiun Senen pada Pekan ke-3 Ramadan 2023, 447.000 Tiket Mudik Telah Ludes

Pemudik mulai memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pada pekan ke-3 Ramadan 2023, mereka pulang kampung lebih awal untuk menghindari kepadatan

Penulis: muhammad abdillahawang
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Pemudik Mulai Padati Stasiun Senen pada Pekan ke-3 Ramadan 2023, 447.000 Tiket Mudik Telah Ludes
YouTube Kompas TV
Pemudik mulai memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta pada pekan ke-3 Ramadan 2023. Para pemudik tersebut memilih pulang kampung lebih awal karena untuk menghindari kepadatan yang biasa terjadi sepekan menjelang lebaran. Kota yang menjadi destinasi para pemudik tersebut didominasi daerah seperti Semarang, Solo, Yogyakarta, Blitar, Surabaya, dan Malang. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemudik mulai memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta pada pekan ke-3 Ramadan 2023.

Para pemudik tersebut memilih pulang kampung lebih awal karena untuk menghindari kepadatan yang biasa terjadi sepekan menjelang lebaran.

Kota yang menjadi destinasi para pemudik tersebut didominasi daerah seperti Semarang, Solo, Yogyakarta, Blitar, Surabaya, dan Malang.

Sementara itu 447.000 tiket mudik yang tersedia di Stasiun Pasar Senen dan Gambir telah terjual untuk pekan ke-3 Ramadan.

Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta juga telah menambah kereta tambahan dengan 1.513 perjalanan dan tiket kereta api jarak jauh sebanyak 1 juta kursi.

Dari pemantauan jurnalis Kompas TV di Stasiun Pasar Senen, Jonah Hamonangan mengatakan kepadatan pemudik terjadi pada pagi hari.

Baca juga: Kemenhub Imbau Pemudik Naik Kereta ke Pelabuhan Merak untuk Hindari Macet

"Kami sudah datang di Stasiun Pasar Senen mulai dari pukul 6 pagi, dan memang pantauan saat ini pada pukul 11 sudah mulai menurun," ujarnya, dikutip dari YouTube Kompas TV, Sabtu (8/4/2023).

BERITA TERKAIT

Dia menambahkan, kepadatan di Stasiun Pasar Senen dan Gambir akan mulai terjadi lagi pada sore hari.

"Dikarenakan untuk kereta tujuan Surabaya, Solo, Semarang, dan Jogja ini memang didominasi yang berangkat di pagi hari dan malam," jelasnya.

Oleh sebab itu PT KAI mempunyai strategi untuk mengurangi kepadatan pada hari menjelang lebaran yaitu dengan memberikan diskon sebanyak 20 persen.

Diskon tersebut mulai berlaku pada empat hari keberangkatan, yaitu pada 14-17 April.

"Jadi untuk penumpang yang ingin mendapatkan harga murah, sekaligus ingin pulang kampung mungkin boleh dibeli tiket dengan keberangkatan tanggal 14, 15, 16, 17," terang Jonah.

Diskon tersebut berlaku untuk semua destinasi, tetapi hanya tersedia sebanyak 30 ribu kursi.

Sementara itu Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi akan terjadi kenaikan dalam arus mudik nasional pada Hari Raya Idul Fitri 2023 sebanyak 47 persen.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas