Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anas Urbaningrum Masuk Radar Survei Capres, Gede Pasek: Bukti Magnet Politiknya Belum Mati

Banyak pihak, menurut Gede Pasek sudah paham kalau memang ada operasi TSM (Terstruktur Sistematis dan Massif) untuk mematikan karier politik Anas.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Anas Urbaningrum Masuk Radar Survei Capres, Gede Pasek: Bukti Magnet Politiknya Belum Mati
SURYA MALANG/SURYA MALANG/IPUNK PURWANTO
I Gede Pasek Suardika (berbaju hitam) saat menemani Anas Urbaningrum pulang kampung ke Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Rabu (12/4/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menanggapi munculnya nama Anas Urbaningrum (AU) dalam survei Capres versi SMRC bahkan menyalip beberapa tokoh politik lain merupakan bukti setrum atau magnet politik AU masih hidup.

"Upaya mematikan magnet politik AU dengan desain kriminalisasi terbukti gagal, sebab hanya beberapa hari keluar dari Sukamiskin namanya masih dilirik," kata ketua umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Gede Pasek Suardika kepada media terkait hasil survei SMRC tersebut, Selasa (18/4/2023).

Banyak pihak, menurut Gede Pasek sudah paham kalau memang ada operasi TSM (Terstruktur Sistematis dan Massif) untuk mematikan karier politik Anas Urbaningrum bahkan kalau bisa lebih 10 tahun.

"Ini harusnya jadi pesan bahwa kompetisi politik harus fair. Jangan main kasar, main bunuh kompetitor dengan cara jahat dan kotor. Bertanding terbuka dan ksatria, jangan main belakang dan nabok nyilih tangan. Misalnya kalah calonnya di Kongres lalu cari cara dengan kekuasaannya mematikan pemenangnya," kata Gede Pasek yang juga mantan Ketua Komisi III DPR RI tersebut.

Walau hak dipilih dari jabatan publik dicabut untuk lima tahun ke depan, Gede Pasek meyakini jika kebesaran Tuhan dan semesta bekerja maka tidak ada yang tidak mungkin.

"Putusan manusia bisa kalah dengan kehendak semesta. Soal bagaimana caranya tentu itu tangan Tuhan yang nanti akan bekerja, " katanya.

PKN juga akan bekerja keras untuk memberikan informasi apa sebenarnya yang terjadi dalam kasus Anas Urbaningrum selama ini.

Baca juga: Keluar dari Lapas, Anas Urbaningrum Didorong Gabung PKN

BERITA TERKAIT

"Kami yakin nurani masyarakat semakin banyak yang tercerahkan dari sebelumnya mencap Anas Urbaningrum sebagai koruptor akhirnya paham kalau Anas Urbaningrum dikoruptorkan oleh kekuasaan politik dengan oknum penegak hukum saat itu," katanya.

"Bukti kecil, Anas Urbaningrum ditersangkakan gratifikasi mobil Harrier terkait Hambalang namun di putusan PK MA dinyatakan tidak terbukti dan akhirnya AU divonis dikaitkan dengan Kongres PD khususnya penerimaan uang Grup Permai yang sangat janggal, " kata Pasek.

Masuk Unggulan

Sebelumnya, mantan terpidana kasus suap proyek Wisma Atlet Hambalang, Anas Urbaningrum, masuk daftar calon presiden (capres) 2024 dalam survei yang dilakukan Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) periode April 2023.

Responden ditanya siapa yang akan mereka pilih sebagai Presiden RI jika Pemilihan Presiden (Pilpres) digelar saat ini melalui format survei terbuka.

Ternyata, sebagian responden memilih Anas Urbaningrum dan berada di peringkat 12 dengan elektabilitas 0,3 persen.

Kendati termasuk kecil, elektabilitas Anas Urbaningrum ini melebihi Ketua DPR RI, Puan Maharani, dan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas