Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi: ASN hingga Pegawai Swasta Bisa Kembali ke Jakarta setelah Tanggal 26 April 2023

Presiden Jokowi ajak mengajak ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN hingga pegawai swasta untuk memundurkan jadwal kembali ke Jakarta usai mudik Lebaran.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Jokowi: ASN hingga Pegawai Swasta Bisa Kembali ke Jakarta setelah Tanggal 26 April 2023
YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN hingga pegawai swasta untuk memundurkan jadwal kembali ke Jakarta usai mudik Lebaran. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN hingga pegawai swasta untuk memundurkan jadwal kembali ke Jakarta usai mudik Lebaran.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari puncak arus balik pada 24 - 25 April 2023.

"Pemerintah mengajak masyarakat yang tidak ada keperluan mendesak untuk menghindari puncak arus balik tersebut dengan cara menunda atau memundurkan jadwal kembali mudik setelah tanggal 26 April 2023," ujar Jokowi dalam keterangan pers di kanal YouTube Sekretariat Kabinet RI, Senin (24/4/2023).




Jokowi menekankan, ketentuan tersebut berlaku untuk ASN, TNI, Polri dan BUMN ataupun pegawai swasta yang teknisnya dapat diatur oleh instansi atau perusahaan masing-masing.

"Seperti bentuk cuti tambahan atau bentuk cuti lainnya," tambah Jokowi.

Jokowi menjelaskan, data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi setidaknya 203.000 kendaraan per hari dari arah timur jalan tol Trans Jawa dan dari arah Bandung diperkirakan akan melalui jalan tol Jakarta-Cikampek.

Baca juga: Ganjil-Genap Bakal Diterapkan saat Arus Balik, Polri Imbau Warga Pakai Kendaraan dengan Pelat Sesuai

"Jumlah tersebut lebih besar daripada hari normal, yakni 53.000 kendaraan per hari," tuturnya.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, Kemenhub melalui website resminya memaparkan, jumlah kendaraan yang masuk ke Jabotabek pada hari pertama Lebaran 2023 masih lebih rendah jika dibandingkan dengan lalu lintas normal, yaitu sebanyak 111.558 kendaraan, lebih rendah hingga 16,7 persen dari periode normal.

"Diprediksi untuk puncak arus balik akan terjadi mulai besok Senin 24 April dan Selasa, 25 April 2023. Untuk itu, kami menganjurkan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik dapat dilakukan sebelum atau setelah tanggal tersebut, agar terhindar dari kepadatan," tutur Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, (23/4/2023).

Jasa Marga memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen untuk tarif terjauh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang berlaku di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama pada 27 April pukul 06.00 WIB s.d 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.

(Tribunnews.com, Widya)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas