Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Legislator: Kesejahteraan Pekerja Lokal Masih Jadi PR Besar Pemerintah yang Harus Diselesaikan

pemerintah diminta menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR) besar terkait kesejahteraan buruh atau kaum pekerja.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Sanusi
zoom-in Legislator: Kesejahteraan Pekerja Lokal Masih Jadi PR Besar Pemerintah yang Harus Diselesaikan
Larasati Dyah
Ribuan buruh menghadiri May Day Fiesta Peringatan Hari Buruh Internasional di Istora Senayan, Jakarta, Senin,(1/5/2023). Anggota DPR RI meminta pemerintah menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR) besar terkait kesejahteraan buruh 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher, meminta pemerintah menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR) besar terkait kesejahteraan buruh atau kaum pekerja.

Hal itu disampaikan Netty dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional yang jatuh setiap 1 Mei.




"Kesejahteraan pekerja lokal masih menjadi PR besar yang harus diselesaikan pemerintah. Miris dan prihatin sekali dengan nasib mereka saat ini. Padahal merekalah yang selama ini terlibat langsung dalam menggerakkan ekonomi nasional," kata Netty dalam keterangannya, Senin (1/5/2023).

Baca juga: Said Iqbal Tegaskan Ganjar Pranowo Bukan Satu-satunya Capres dari Hasil Rakernas Partai Buruh

Menurut Netty, sejumlah aturan yang telah dikritik dan ditolak oleh banyak pihak, justru dipaksakan disahkan oleh pemerintah sehingga membuat kondisi pekerja makin sulit hidup sejahtera.

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani.
Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani. (Jaka/Man (dpr.go.id))

"UU Cipta Kerja yang dinyatakan inkonstitusional bersyarat oleh MK, disiasati pemerintah dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) tentang Cipta Kerja. Perppu Ciptaker ini padahal telah ditolak oleh berbagai kalangan," ucap Netty.

Oleh karena itu, menurut legislator PKS ini, pemimpin bangsa ke depan harus menjadikan persoalan kesejahteraan pekerja sebagai prioritas.

BERITA TERKAIT

"Pekerja lokal harus mendapat dukungan untuk hidup layak dan sejahtera. Pastikan regulasi yang dibuat berpihak pada pekerja dan jangan hanya memikirkan keuntungan pengusaha atau investor," ucapnya.

Baca juga: Peringatan Hari Buruh Internasional, KSP: Presiden Selalu Dengarkan Aspirasi Buruh

Dalam memaknai Hari Buruh 1 Mei 2023 ini, Netty juga menyelipkan pesan kepada para pekerja Indonesia agar jangan putus asa dan patah semangat dalam berjuang mendapatkan hak-haknya secara adil dan bertanggung jawab.

Baca juga: Said Iqbal: Berbahagialah Capres yang Didukung Partai Buruh

"Teruslah berjuang dengan cara-cara yang konstitusional, jangan bosan mengasah ketrampilan dan meningkatkan pengetahuan agar menjadi pekerja yang andal dan terlatih," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas