Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dukung Ganjar Jadi Capres, PPP: Kelanjutan Bersatunya Ideologi Nasionalis-Islam

Ade Irfan Pulungan mengungkapkan dukungan PPP terhadap Ganjar merupakan keberlanjutan bersatunya ideologi nasionalis dan Islam.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Dukung Ganjar Jadi Capres, PPP: Kelanjutan Bersatunya Ideologi Nasionalis-Islam
Tribunnews/HO
Ketua Mahkamah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Ade Irfan Pulungan. Ade Irfan Pulungan mengungkapkan dukungan PPP terhadap Ganjar merupakan keberlanjutan bersatunya ideologi nasionalis dan Islam. 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Mahkamah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Ade Irfan Pulungan menilai dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai capres oleh PPP merupakan bentuk kelanjutan bersatunya ideologi nasionalis dan Islam.

Menurutnya, bersatunya ideologi nasionalis dan Islam telah terjadi sejak era awal kemerdekaan dan dilanjutkan lewat kerja sama PPP dan partai yang mengusung Ganjar sebagai capres 2024, yakni PDIP.

"Sejak zaman awal kemerdekaan, Orde Baru hingga masa reformasi, kerja sama antara partai nasionalis dan Islam selalu terjadi. Saat ini kerja sama itu dipelihara dengan baik oleh PDIP dan PPP," tuturnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunnews.com, Senin (1/5/2023).

Irfan juga menyebut kerja sama antara PDIP dan PPP tidak hanya terjalin dalam Pilpres semata tetapi dipraktikan di semua lini demokrasi.

Contohnya ketika terjalinnya koalisi PDIP-PPP saat mengusung Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin dalam Pilkada 2018.

Baca juga: PPP Optimis KIB Dukung Ganjar dan Tegaskan Belum Ada Ruang Cawapres bagi Sandiaga Uno

Jauh dari itu, Irfan mengungkapkan kerja sama PDIP dan PPP juga sudah terjalin saat adanya koalisi 'Mega-Bintang' pada Pemilu 1997.

"Sejarah juga mencatat pasangan Megawati-Hamzah Haz yang pernah menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI. Ini merupakan pasangan PDIP-PPP yang selalu dikenang dua partai ini," ujarnya.

BERITA REKOMENDASI

Sosok yang juga menjabat sebagai Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) itu mengatakan hubungan PDIP dan PPP selama ini harmonis dan saling menghormati.

Irfan pun mencontohkan kedekatan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan tokoh senior PPP seperti mantan Ketua Umum PPP Ismail Hasan Metareum, Mudrick Sangidoe, dan ulama Maimun Zubair.

"Bentuk hubungan yang sangat harmonis baik secara personal maupun kelembagaan partai yang selalu melakukan kerja sama politik dan saling bersilaturahmi," ujarnya.

Selain itu, dekatnya kantor PPP dan PDIP yakni di kawasan Menteng, Jakarta Pusat juga menjadi simbol hubungan kedekatan antar dua partai politik tersebut.

Irfan pun berharap dukungan kepada Ganjar dapat mengulang sejarah sukses koalisi PDIP-PPP seperti pada masa lalu.

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (tengah) berjabat tangan dengan Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono (kanan) disaksikan Calon Presiden 2024 dari PDI Perjuangan dan PPP, Ganjar Pranowo saat menghadiri Kerja Sama Partai Politik PDI Perjuangan dan PPP di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Minggu (30/4/2023). PDI Perjuangan dan PPP resmi melakukan kerja sama politik mengusung Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (tengah) berjabat tangan dengan Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono (kanan) disaksikan Calon Presiden 2024 dari PDI Perjuangan dan PPP, Ganjar Pranowo saat menghadiri Kerja Sama Partai Politik PDI Perjuangan dan PPP di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Minggu (30/4/2023). PDI Perjuangan dan PPP resmi melakukan kerja sama politik mengusung Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Baca juga: Wakil Ketua Umum PAN Harap KIB Bersatu Dukung Ganjar Capres 2024

Selain itu, sambungnya, PPP juga berharap dapat mengusurkan kadernya sebagai cawapres yang mendampingi Ganjar.

"Tentunya menurut Irfan, PPP ingin mengulang sejarah tersebut dalam pesta demokrasi pada Pemilu Presiden tanggal 14 Februari 2024 dengan mendukung dan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI periode 2024-2029 dan mengusulkan kader terbaik dari internal PPP sebagai Wakil Presiden," tukasnya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas