Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hadiri Milad Ke-95 PERTI, Wapres Ma'ruf Amin Dukung Syekh Sulaiman Ar-Rasuli Jadi Pahlawan Nasional

Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan dukungannya agar pendiri PERTI Syekh Sulaiman Ar-Rasuli menjadi pahlawan nasional.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Dodi Esvandi
zoom-in Hadiri Milad Ke-95 PERTI, Wapres Ma'ruf Amin Dukung Syekh Sulaiman Ar-Rasuli Jadi Pahlawan Nasional
Tribunnews/Gita Irawan
Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin menghadiri acara Puncak Milad ke-95 Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) di Auditorium Universitas Negeri Padang, Kota Padang, Sumatera Barat pada Jumat (5/5/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, PADANG - Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin menghadiri acara Puncak Milad ke-95 Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) di Auditorium Universitas Negeri Padang, Kota Padang, Sumatera Barat pada Jumat (5/5/2023).

Dalam kesempatan tersebut Ma’ruf Amin menyampaikan dukungannya agar pendiri PERTI Syekh Sulaiman Ar-Rasuli menjadi pahlawan nasional.

Ia mengatakan PERTI telah banyak berbuat dalam mendukung kemajuan bangsa, baik di bidang pendidikan, dakwah, dan sosial kemasyarakatan, khususnya melalui pendirinya Syekh Sulaiman Ar-Rasuli.

"Saya mendukung usulan agar beliau Hadratussyekh Sulaiman Ar-Rasuli ditetapkan sebagai pahlawan nasional," kata Ma'ruf Amin.

Baca juga: Wapres Maruf Amin dan PWNU-PCNU se-Sumatra Barat Bahas Pengembangan Universitas Nahdlatul Ulama

Ma'ruf Amin juga mendoakan pengurus dan anggota PERTI tetap sehat, semangat, dan istikamah dalam mengemban tugas dan amanah yang dititipkan.

Ma'ruf Amin juga mengajak PERTI untuk terus melanjutkan komitmen tokoh pendiri dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dan memberi sumbangan nyata penyelesaian persoalan kebangsaan lainnya.

BERITA TERKAIT

"Dan saya anjurkan supaya tidak berhenti untuk memperjuangkan Syekh Sulaiman Ar Rasuli sampai menjadi pahlawan nasional," kata Ma'ruf.

Sementara itu Ketua Umum PERTI Syarfi Hutauruk dalam pidatonya juga menyebutkan bahwa menjelang usia satu abad, PERTI telah berperan penting dalam meneguhkan paham keagamaan dan ikut bersama komponen bangsa lain berjuang mengisi kemerdekaan sesuai dengan porsinya.

Oleh sebab itu, kata Syarfi, PERTI meminta negara mengapresiasi dan menghargai pengabdian ulama dan aktivis PERTI sebagaimana tercatat dalam sejarah.

Baca juga: Wapres Maruf Amin: Zakat, Wakaf, Infak dan Sedekah Instrumen Untuk Hapuskan Kesenjangan

PERTI, kata dia, meminta negara dapat memberikan pengakuan terhadap kiprah tokoh pendiri PERTI yakni Syekh Sulaiman Ar Rasuli sebagai Pahlawan Nasional.

"Pengajuan dan permintaan PERTI ini sejatinya sudah terlambat, namun ini perlu untuk menjadi inspirasi, motivasi dan semangat bagi keluarga besar, pimpinan dan jamaah PERTI dalam mendayagunakan potensinya bagi kemajuan bangsa dan negara di tengah-tengah percaturan dunia," kata dia.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah pada kesempatan yang sama juga menyampaikan harapannya agar Syekh Sulaiman Ar-Rasuli ini segera ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

"Mudah-mudahan melalui Bapak Wapres ada percepatan dalam menjadikan Syekh Sulaiman Ar Rasuli sebagai pahlawan nasional," harapnya.

Hadir pada acara tersebut di antaranya Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Ganefri, Pimpinan Daerah (PD) PERTI Sumatera Barat Sufyarma Marsidin, serta pengurus dan anggota PERTI.

Dalam kegiatan tersebut Ma'ruf didampingi oleh Hj Wury Ma’ruf Amin, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono WS, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Arif Rahmansyah Marbun, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas