Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Awal Mula Penangkapan Pimpinan KKB Papua Pelaku Pembunuhan Anggota TNI dan Polisi di Yahukimo

KTH alias PH diduga terlibat dalam sejumlah aksi kejahatan yang dilakukan KKB di wilayah hukum Polres Yahukimo, Papua Pegunungan.

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Awal Mula Penangkapan Pimpinan KKB Papua Pelaku Pembunuhan Anggota TNI dan Polisi di Yahukimo
istimewa
Polres Yahukimo bersama tim gabungan personel Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz menangkap KTA alias PH (25 tahun), seorang pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Foto tim gabungan Satuan tugas (Satgas) Damai Cartenz dan Polres Yahukimo lakukan pengerebekan di salah satu rumah yang diduga tempat persembunyian Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polres Yahukimo bersama tim gabungan personel Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz menangkap KTA alias PH (25 tahun), seorang pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Ia dicokok dalam penggerebekan yang dilakukan polisi pada Jumat (19/5/2023) lalu.

"Pada hari Jumat, 19 Mei 2023, pukul 13.30 WIT, telah diamankan salah satu terduga (pimpinan) kelompok KKB inisial KTH alias PH," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (21/5/2023).

KTH alias PH diduga terlibat dalam sejumlah aksi kejahatan yang dilakukan KKB di wilayah hukum Polres Yahukimo, Papua Pegunungan.

Baca juga: Satgas Damai Cartenz Tangkap 22 Orang dan Sita Sejumlah Senjata Saat Gerebek Markas KKB di Yahukimo

Aksi kejahatan tersebut di antaranya pembunuhan terhadap anggota TNI pada tanggal 4 November 2022 dan penembakan terhadap anggota Polres Yahukimo yang mengakibatkan Brigpol Usdar meninggal dunia pada tanggal 29 November 2022.

"(Selain itu) Penembakan terhadap anggota Brimob Satgas Preventif pada tanggal 30 November 2022 (dan) penembakan terhadap Polres Yahukimo pada tanggal 30 Desember 2022," kata Ramadhan.

Terkait penembakan terhadap anggota Brimob pada 30 November 2022, Ramadhan mengatakan KTH telah ditetapkan sebagai tersangka karena ditemukan dua alat bukti keterlibatan yang bersangkutan dalam perkara itu.

BERITA REKOMENDASI

"Saat ini pimpinan kelompok KKB KTH alias PH telah diserahkan kepada penyidik tim investigasi Operasi Damai Cartenz dan diamankan di Gedung Dirkrimum Polda Papua," jelasnya.

Penangkapan KTH alias PH dilakukan setelah sebelumnya polisi mencocok AS. Ia dicocok beberapa hari sebelumnya.

Baca juga: Benyamin Sembiring Salah Satu Korban Pembacokan KKB Dirujuk ke RS Marthen Indey Jayapura

AS disebut bergabung dengan KKB pimpinan KTH alias PH sejak tahun 2021 hingga sekarang.

Pada tahun 2021, AS membeli senjata apidari seseorang berinisial H dengan menukar emas sebanyak 20 gram.

Senjata tersebut diserahkan kepada KTH pada 3 Maret 2022 di Markas Yamoi.

"AS turut serta dalam aksi penembakan terhadap anggota Brimob Satgas Preventif yang mengakibatkan 1 orang meninggal dunia dan 2 orang luka-luka pada tanggal 30 November 2022 di Kabupaten Yahukimo," terang Ramadhan.

Setelah AS ditangkap, tim investigasi dibantu penyidik Polres Yahukimo kemudian melakukan konfirmasi dengan menunjukkan foto KTH kepada AS.

"Tersangka AS membenarkan atau mengonfirmasi bahwa orang yang ada di dalam foto tersebut adalah pimpinan KKB berinisial KTH alias PH," ujarnya.

Selain itu, Ramadhan mengatakan identitas KTH juga telah dikonfirmasi berdasarkan penelusuran data kependudukan.

AS sendiri sudah ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan gelar perkara yang telah dilakukan polisi.

"Selanjutnya AS ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara tersebut dan dilakukan penahanan untuk proses lebih lanjut," ujar Ramadhan. (tribun network/fhm/dod)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas