Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gandeng Puteri Indonesia 2023, Meccaya Bawa Prolog Perdamaian di Festival Waisak Borobudur

Farhana dinilai sebagai sosok yang tepat untuk mempromosikan kekayaan wisata dan budaya kawasan Candi Borobudur dan kota Magelang.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Gandeng Puteri Indonesia 2023, Meccaya Bawa Prolog Perdamaian di Festival Waisak Borobudur
Istimewa
Rangkaian event 2nd Borobudur World Peace & Prosperity 2023 digelar tahun ini di Candi Borobudur, Candi Ngawen, Candi Pawon, Magelang, Jawa Tengah pada 31 Mei hingga 4 Juni 2023. Meccaya kembali mendukung event itu dengan mendatangkan Farhana Nariswari Wisandana yang resmi dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2023 pada 19 Mei lalu. Foto para Beauty Pageant. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rangkaian event 2nd Borobudur World Peace & Prosperity 2023 digelar tahun ini di Candi Borobudur, Candi Ngawen, Candi Pawon, Magelang, Jawa Tengah pada 31 Mei hingga 4 Juni 2023.

Meccaya kembali mendukung event itu dengan mendatangkan Farhana Nariswari Wisandana yang resmi dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2023 pada 19 Mei lalu.

President Director Meccaya, Ricky Surya Prakasa menilai Farhana sebagai sosok yang tepat untuk mempromosikan kekayaan wisata dan budaya kawasan Candi Borobudur dan kota Magelang.

"Dengan menghadirkan Puteri Indonesia 2023 untuk mendukung event ini, Meccaya berharap kawasan Borobudur dan Kota Magelang mendapatkan lebih banyak sorotan dari turis, baik domestik maupun mancanegara. Serta mengangkat seluruh kawasan Candi Borobudur sebagai destinasi pariwisata yang kaya seni, budaya dan kuliner, serta sangat menarik untuk dikunjungi," kata Ricky kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tri Suci Waisak, 3 Peristiwa Penting dalam Hari Raya Waisak bagi Umat Buddha

Dalam event ini, Farhana yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran yang berhasil menyisihkan 45 finalis itu ditunjuk untuk membawakan prolog Perdamaian dan Kesejahteraan Dunia pada 2nd Borobudur World Peace & Prosperity.

Event ini disebut akan dihadiri oleh berbagai tokoh nasional maupun internasional, serta Duta Besar dari berbagai negara.

BERITA TERKAIT

Perlu diketahui, 2nd Borobudur World Peace & Prosperity ini merupakan kegiatan lintas agama yang menggabungkan doa perdamaian dan kesejahteraan dunia.

Dilengkapi pula dengan pementasan seni dan budaya seperti ragam tarian tradisional dan pertunjukan wayang, serta ekshibisi kuliner hingga hasil kerajinan dan karya seni dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berasal dari kawasan Candi Borobudur dan kota Magelang.

Sementara itu untuk puncak acaranya, Pelita Kesejahteraan dan Perdamaian Dunia akan dinyalakan sebagai simbol harapan untuk dunia yang lebih baik serta hadirnya kebaikan bagi seluruh makhluk hidup yang ada di Bumi.

Sedangkan event yang digelar di Taman Aksobhya Candi Borobudur pada 2 Juni 2023 merupakan bagian dari Festival Purnama yang dikelola perusahaan holding BUMN Aviasi & Pariwisata, Injourney, yang tidak hanya berkolaborasi dengan organisasi Walubi, MUNI dan Mahanika serta Meccaya saja.

Baca juga: Detik-Detik Waisak dan Jadwal Waisak di Candi Borobudur Hari Ini, 4 Juni 2023

Namun juga Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah Magelang.

Event yang dihelat untuk memperingati Peringatan Waisak di kawasan Borobudur itu akan didahului oleh Festival Merti Karuna Bumi di Candi Pawon pada pagi harinya.

Kemudian dilanjutkan Festival Bhumi Mandala dan Festival Larung Pelita Borobudur Purnama Sidhi pada 3 Juni 2023.

Lalu Pawai Budaya Padmastana yang dilakukan pada puncak Peringatan Waisak 4 Juni 2023 dari Candi Mendut hingga Candi Borobudur akan menjadi penutup seluruh rangkaian kegiatan ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas