Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

81 Juta Milenial Belum Punya Rumah, Pengamat Heran Presiden Malah Tawarkan Rumah di IKN ke WNA

Hendri Satrio heran atas sikap Presiden Jokowi yang mempromosikan ketersediaan hunian untuk warga asing seperti Singapura di Ibu Kota Negara (IKN)

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in 81 Juta Milenial Belum Punya Rumah, Pengamat Heran Presiden Malah Tawarkan Rumah di IKN ke WNA
Tribunnews.com/Rina Ayu
Juru bicara (jubir) Anies Baswedan, Hendri Satrio - 81 Juta Milenial Belum Punya Rumah, Pengamat Heran Presiden Malah Tawarkan Rumah di IKN ke WNA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Analis komunikasi politik Hendri Satrio heran atas sikap Presiden Jokowi yang mempromosikan ketersediaan hunian untuk warga asing seperti Singapura di Ibu Kota Negara (IKN).

Adapun hal itu terjadi saat Jokowi berpidato di Ecosperity Week di Singapura, Rabu (7/6/2023).

Jokowi mempromosikan IKN serta mengajak warga Singapura tinggal di sana. 

Menilai sikap Jokowi tersebut, Hensat menyebutkan bahwa banyak generasi milenial di Indonesia tidak mempunyai rumah.

"Data kementerian PUPR seperti yang disampaikan menteri BUMN pada April kemarin, ternyata 81 juta generasi milenial Indonesia belum punya rumah.” kata Hensat dalam keterangannya, Jumat (9/6/2023).

Menurutnya hal tersebut juga menjadi sebuah ironi. Banyak rakyat Indonesia belum punya rumah, tetapi tawarkan warga negara asing tinggal di IKN.

“Ini lucu, 81 juta orang belum punya rumah, tapi malah tawarkan warga negara Singapura properti di IKN. Jangan-jangan, ujungnya malah properti dan lahan di IKN dimiliki asing. Sementara masyarakat masih terus berjuang sendiri untuk memiliki hunian yang bahkan paling sederhana,” katanya. 

BERITA TERKAIT

Berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2021, angka backlog perumahan di Indonesia mencapai 12,71 juta. 

Baca juga: Kepala Otorita IKN: Lima Negara Berniat Tanam Modal di IKN Nusantara

Founder lembaga survei KedaiKOPI tersebut mengkhawatirkan nasib gen milenial dan Z di Indonesia yang masih kesulitan mendapatkan hunian, sementara perumahan di IKN sibuk ditawarkan ke warga asing.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas